Strategi Pembelajaran Kitab Kuning (Transformasi Penguatan Sistem Subkultur Pondok Pesantren Indonesia)

Karim, Bisri Abdul (2020) Strategi Pembelajaran Kitab Kuning (Transformasi Penguatan Sistem Subkultur Pondok Pesantren Indonesia). Cet. I . LPP Unismuh Makassar (Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar), Makassar. ISBN 978-623-7349-22-8

[img] Text (Teks Dokumen)
eBOOK_1_rev.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Peer Review)
01 Strategi Pembelajaran Kitab Kuning.pdf

Download (531kB)

Abstract

Perspektif historis pendidikan Islam di Indonesia pada mulanya berbasis pada pesantren sebagai lembaga pendidikan radisional. Ciri pendidikan tradisional meliputi dua aspek Pertama, pemberian pengajaran dengan struktur, strategi, dan iteratur tradisional. Pemberian pengajaran tradional ini dapat berupa pendidikan formal di sekolah atau madrasah dengan enjang pendidikan yang bertingkat-tingkat, maupun pemberian pengajaran dengan sistem ḥalaqah dalam bentuk pengajian weton dan sorogan atau di Sulawesi Selatan dikenal dengan mangaj tudang. Kedua, pemeliharaan tata nilai tertentu, untuk memudahkan dapat dinamai subkultur pesantren. Tata nilai ini ditekankan pada fungsi mengutamakan beribadah sebagai pengabdian dan memuliakan guru sebagai jalan untuk memperoleh pengetahuan agama yang hakiki. Dengan demikian, subkultur ini menetapkan pandangan hidupnya sendiri, yang bersifat khusus kepesantrenan berdiri atas landasan pendekatan ukhrawi pada kehidupan dan ditandai oleh ketundukan mutlak kepada ulama. Adapun ciri utama sistem pendidikan tradisional adalah banyaknya diberikan pengajaran di luar kurikulum formalnya.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik
Depositing User: Mrs. Nur Setiawati
Date Deposited: 18 Jul 2020 04:07
Last Modified: 25 Jul 2020 10:30
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item View Item