Peningkatan Mutu Manajemen Perpustakaan di Perguruan Tinggi

Adipar, Aad and Hidayat, Nurul (2018) Peningkatan Mutu Manajemen Perpustakaan di Perguruan Tinggi. PAMJou, 2 (2).

[img] Text
jurnal pamjou manajmen quality.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)

Abstract

Beberapa aspek di antaranya adalah manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen koleksi dan manajemen pemasaran. Karena luasnya aspek manajemen di perpustakaan, maka dalam makalah ini penulis hanya akan menekankan pembahasan dalam satu aspek yaitu manajemen pemasarannya. Keberadaan perguruan tinggi sebagai salah satu ujung tombak peningkatan sumber daya manusia dibidang pendidikan adalah suatu kenyataan yang tidak terbantahkan. Perguruan tinggi sebagai salah satu institusi yang berperan memajukan pembangunan bangsa memerlukan sebuah sarana pusat informasi dan dokumentasi sebagai sumber belajar yang dikelola secara baik, mudah, cepat dan tepat.... Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan oleh penulis, maka dapat disimpulkan bahwa: Mutu perpustakaan merupakan sebuah pencapaian yang dilakukan melalui serangkaian proses baik dalam kegiatan jangka pendek maupun jangka panjang. Dilihat dari dimensi proses pencapaian mutu, terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan oleh sebuah perpustakaan perguruan tinggi, yaitu: mutu input, mutu proses dan konteks, serta mutu outcome. Pada sisi lain, perpustakaan dalam meningkatkan mutu layanan memerlukan strategi khusus, di antaranya adalah: pertama, perencanaan sebagai sebuah tindakan dilakukan untuk membuat masa depan yang diinginkan lebih baik dari masa sekarang. Kedua, learning organization sebagai prinsip untuk tetap belajar secara terus menerus berkelanjutan serta tidak takut dengan perubahan dan persaingan. Serta ketiga, senantiasa berorientasi terhadap kebutuhan pengguna melalui pendekatan TQM dengan berbekal menyediakan SDM, koleksi, dan layanan yang berkualityas serta didukung oleh komitmen petugas dan dana yang cukup.... Yang terpenting dari konsep pemasaran di perpustakaan adalah adanya jasa yang berorientasi kepada kebutuhan pengguna, adanya harga (kalau dapat diterapkan) yang layak dan dapat dipertanggungjawabkan, adanya tempat yang strategis dan nyaman, dan adanya pemasaran yang memadai. Kalau kombinasi ke empat variable di atas telah dikembangkan secara baik, maka niscaya untuk mencapai tujuan perpustakaan secara efektif akan mudah tercapai. Oleh karena itu kami merekomendasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan Perpustakaan untuk menindaklajuti konsep pemasaran ini supaya diterapkan secara benar....

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@umi.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2021 11:49
Last Modified: 12 Aug 2022 02:09
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item