Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT.Hadji Kalla Bidang Layanan Purna Jual

Suriyanti, Suriyanti (2022) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT.Hadji Kalla Bidang Layanan Purna Jual. YUME : Journal of Management, 5 (3). pp. 239-247. ISSN 2614-851X

[img] Text
4882-13698-1-PB.pdf

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari (tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy) terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Hadji Kalla Cabang Serui Makassar (2) Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan dari kualitas (tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy) terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Hadji Kalla Cabang Serui Makassar. Penelitian ini menggunakan data primer melalui survey dengan responden sebanyak 99 orang pelanggan PT.Hadji Kalla Cabang Serui Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Seluruh dimensi-dimensi tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan dan paarsial, sedangkan koefisien korelasi 79,8% dan keofisien determinasi 63,7% yang berarti 63,7% variabel dimensi-dimensi mampu menjelaskan kepuasan pelanggan PT.Hadji Kalla Cabang Serui Makassar. (2) Variabel yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pelanggan pada PT. Hadji Kalla Cabang Serui Makassar adalah variabel empaty (empathy). Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Unnamed user with email admin@umi.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:42
Last Modified: 07 Jul 2023 01:42
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3044

Actions (login required)

View Item View Item