Dewi, Ratna (2023) PENGARUH LINGKUNGAN INDUSTRI TERHADAP KINERJA PEMASARAN DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 12 (1). pp. 69-79. ISSN 2622-0806
Text
3816-Article Text-8836-1-10-20230512.pdf Download (206kB) |
Abstract
Peneltian ini adalah pengaruh Lingkungan Industri terhadap kinerja pemasaran pada UMKM.Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengkaji lingkungan industri secara simultan terhadap pemasaran UMKM/katering di Kota Makassar,2). Menganalisis lingkungan industry secara parsial terhadap kinerja pemasaran pada UMKM/catering. Penelitian ini menggunakan sampel 35 UMKM/ katering yang ada di Kota Makassar. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis data deskritif dan model analisisis regresi berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Industri secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM/Katering kota Makassar. Persaingan antara pesaing memberikan pengaruh yang berarti terhadap kinerja pemasaran. Potensi masuknya pesaing baru memberikan kontribusi secara nyata atau berpengaruh secara sinifikan terhadap kinerja pemasaran Nilai signifikan menunjukkanbahwa hubungan variabel daya tawar pemasok terhadap kinerja pemasaran UMKM katering adalah positif. Hasil penelitian menyatakan bahwa daya tawar konsumen secara langsung berpengaruh terhadap kinerja Pemasaran UMKM/Katering. Daya tawar konsumen dengan indikator memberikan kontribusi nyata terhadap kinerja pemasaran UMKM/katering di Kota Makssar Kata Kunci: lingkungan Industri, Kinerja Pemasran UMKM/Katering
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@umi.ac.id |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 05:01 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 05:01 |
URI: | http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3072 |
Actions (login required)
View Item |