Hafram, St Maryam (2020) ANALISIS KINRJA JARINGAN JALAN NASIONAL PADA RUAS PANGKEP – PARE-PARE (Studi Kasus : Jl. Kemakmuran/Pangkep Km 53+710 – 53+860). UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology, 4 (1). pp. 45-54. ISSN 2798-6500
Text
5.+ABUNAWAS+DAWASA.pdf Download (336kB) |
Abstract
Tata guna lahan pada sepanjang jalan Kemakmuran termasuk dalam kategori area komersial dimana didominasi oleh pusat perdagangan seperti pertokoan, rumah makan dan perkantoran, hal ini menyebabkan banyak kendaraan parkir disepanjang jalan diwaktu-waktu tertentu terutama di siang hari dan soreh hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh pergerakan kendaraan dari jalan minor (jalan Ketimun) terhadap kinerja Jalan Utama (Ruas Pangkep-Pare-pare) saat ini. (2) Merumuskan alternatif penanganan jalan pada kondisi existing saat ini. Dan (3) Merumuskan alternatif penanganan jangka menengah, jangka panjang pada jalan Utama (ruang Pangkep-Pare-pare) dan jalan ketimun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Arus lalu-lintas dari jalan minor (Jl. Ketimun) pada kondisi eksisting saat ini sangat berpengaruh terhadap kinerja jalan hal ini ditunjukkan dengan tingkat derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,863, kondisi eksisiting digolongkan buruk berpeluang terjdinya kemacetan pada waktuwaktu tertentu terutama disore hari. Dan (2) Skenario larangan arus kendaraan berbelok-kanan dari arah Jl. Minor (Jl. Ketimun) merupakan solusi alternatif yang mudah dengan biaya murah. Kata Kunci : derajat kejenuhan (DS), Tata guna lahan, kinerja Jalan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK > Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@umi.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 02:36 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 02:36 |
URI: | http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3288 |
Actions (login required)
View Item |