Perbandingan Kepuasan Konsumen pada Layanan Food Delivery Service Gjf dan Grf (Studi pada Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia)

Andi Mustamir Palisuri, Mustamir (2023) Perbandingan Kepuasan Konsumen pada Layanan Food Delivery Service Gjf dan Grf (Studi pada Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (38kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (998kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)

Abstract

Layanan food delivery service berbasis aplikasi telah mengalami pertumbuhan pesat di banyak Negara, termasuk Indonesia. Gjf dan Grf adalah dua platform terkemuka dalam industri ini, yang menyediakan layanan pengiriman makanan dari berbagai restoran dan pedagang lokal. Persaingan ketat antara Gjf dan Grf membuat kepuasan konsumen menjadi faktor kunci yang mempengaruhi pertumbuhan dan kesuksesan kedua platform ini. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengetahui karakteristik atribut pada layanan Gjf dan Grf berdasarkan tingkat kepentingan. 2) Menganalisis atribut yang dianggap penting oleh konsumen Gjf dan Grf. 3) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen Gjf dan Grf. 4) Menganalisis perbandingan tingkat kepuasan konsumen Gjf dan Grf. Peneltian ini dilakukan di Fakultas Pertanian, Universitas Muslim Indonesia. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk memperoleh kriteria atau ciri-ciri sampel yang telah ditentukan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa konsumen Gjf dan Grf dengan menggunakan rumus Lemeshow dengan kriteria pernah menggunakan layanan food delivery pada aplikasi Gj dan Gr minimal dua kali pemesanan sehingga responden dianggap faham dan memiliki wawasan tentang aplikasi tersebut. Data yang telah didapatkan melalui penyebaran kuesioner secara online selanjutnya dilihat kualitasnya dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, setelah itu data diolah menggunakan analisis deskriptif, analisis IPA, analisis CSI, dan Uji Mann Whiteney Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: 1) Karakteristik atribut layanan tangible, emphaty, reliability, responsiveness dan assurance yang paling menonjol pada Gjf adalah reliability dengan skor tertinggi sebesar 451 sedangkan pada Grf adalah emphaty dengan skor tertinggi 400. 2) Atribut layanan yang dianggap penting oleh konsumen Gjf pada kuadran I meliputi reliability, pada kuadran II meliputi responsiveness, dan assurance, sedangkan atribut layanan yang dianggap penting oleh konsumen Grf pada kuadran I meliputi responsiveness, pada kuadran II meliputi emphaty. 3) Tingkat kepuasan konsumen menggunakan Gjf sebesar 86,60% yang artinya berada pada kategori (sangat puas), sedangkan tingkat kepuasan konsumen menggunakan Grf sebesar 80,88% yang artinya berada pada kategori (puas). 4) Terdapat perbandingan yang signifikan antara kepuasan konsumen menggunakan Gjf dan Grf

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Kepuasan Konsumen, Atribut Layanan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS
Depositing User: operator 12
Date Deposited: 07 Aug 2023 00:09
Last Modified: 07 Aug 2023 00:09
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3642

Actions (login required)

View Item View Item