Analisis Pendapatan, Efisiensi Dan Saluran Pemasaran Jagung Hibrida (Zea Mays L) di Kabupaten Soppeng (Studi Kasus di Desa Pattojo, Kecamatan Liliriaja)

Mukrima Al’zafira, Mukrima (2023) Analisis Pendapatan, Efisiensi Dan Saluran Pemasaran Jagung Hibrida (Zea Mays L) di Kabupaten Soppeng (Studi Kasus di Desa Pattojo, Kecamatan Liliriaja). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (98kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Jagung hibrida merupakan generasi F1 hasil persilangan dua atau lebih galur murni dan memiliki perbedaan keragaman antar varietas, tergantung dari tipe hibridisasi dan stabilitas galur murni. Pendapatan usahatani adalah selisih antara penerimaan yang diperoleh dengan total biaya yang dikeluarkan. Tinggi rendahnya pendapatan sangat dipengaruhi bagaimana petani mengelola penerimaannya dan mengelola biaya usahatani. Tingkat efisiensi pemasaran adalah hasil total biaya pemasaran jagung hibrida dengan total produksi jagung hibrida yang dipasarkan Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan jumlah produksi dan menganalisis pendapatan petani jagung hibrida (2) Mengidentifikasi lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran jagung hibrida (3) Mendeskripsikan saluran pemasaran jagung hibrida (4) Menganalisis marjin pemasaran jagung hibrida (5) Menganalisis keuntungan lembaga pemasaran yang terlibat pada setiap saluran dalam pemasaran jagung hibrida (6) Menganalisis efisiensi pemasaran jagung hibrida. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pattojo, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 46 orang. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis pendapatan, analisis marjin pemasaran, analisis keuntungan lembaga pemasaran dan analisis efisiensi pemasaran. (1) Rata-rata produksi usahatani jagung hibrida yaitu 3.705kg/ha, penerimaan yang diperoleh petani sebesar Rp.13.258.944 sedangkan total biaya sebesar Rp.3.105.699 sehingga pendapatan yang diperoleh sebesar Rp.10.170.995/ha. Hal ini menunjukkan bahwa pendapatan usahatani jagung hibrida menguntungkan. (2) Lembaga Pemasaran yang terlibat dalam pemasaran jagung hibrida yaitu pedagang pengumpul (3) Terdapat 1 lembaga pemasaran jagung hibrida(4) Marjin pemasaran jagung hibrida sebesar Rp.3.950/kg (5) Keuntungan lembaga pemasaran jagung hibrida di Desa Pattojo, Kecamaatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng sebesar Rp.1.478,17 (6) Efisiensi pemasaran jagung hibrida di Desa Pattojo, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng pada pedagang pengumpul 1 sebesar 2,30%, pada pedagang pengumpul 2 sebesar 2,31%, pada pedagang pengumpul 3 sebesar 2,32%. Hal ini menunjukkan bahwa pemasaran jagung hibrida pada lembaga pemasaran efisien karena mendapatkan nilai efisiensi <50%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, Marjin Pemasaran, Jagung Hibrida
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS
Depositing User: operator 12
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:13
Last Modified: 08 Aug 2023 06:13
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3676

Actions (login required)

View Item View Item