Adilah Selayar, Nadiyah Nur (2023) HUBUNGAN FAKTOR PENDUKUNG CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN LOYALITAS PASIEN PRE- POST PARTUM DI RUMAH SAKIT AL-FATAH KOTA AMBON TAHUN 2023. Masters thesis, Fakultas kesehatan Masyarakat.
Text
SAMPUL SKRIPSI.pdf Download (45kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Tim Penguji.pdf Download (100kB) |
|
Text
DAFTAR ISI (2).pdf Download (127kB) |
|
Text
RINGKASAN (2).pdf Download (78kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB V (2).pdf Download (448kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (177kB) |
Abstract
Customer Relationship Management merupakan kombinasi orang, proses, dan teknologi yang memahami pelanggan-pelanggan perusahaan. Keberhasilan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) dalam sebuah perusahaan terdapat tiga aspek utama, yakni orang, proses, dan teknologi. Berdasarkan pengambilan data awal di rumah sakit al-fatah tahun 2020-2022, pada tahun 2020 jumlah kunjungan post partum di rumah sakit al-fatah berjumlah 10 pasien (9,17%) dari sasaran, pada tahun 2021 jumlah kunjungan post partum berjumlah 28 pasien (35,90%) dari sasaran, sedangkan pada tahun 2022 jumlah kunjungan post partum berjumlah 29 pasien (23,97%) dari sasaran. maka dapat disimpulkan dari tahun 2020 ke 2021 jumlah kunjungan pasien post partum di Rumah Sakit Al-Fatah meningkat sedangkan pada tahun 2022 jumlah kunjungan pasien post partum di Rumah Sakit Al- Fatah menurun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik senus/sampling total. Teknik senus atau sampling total merupakan teknik pegambilan sampel dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua. Metode analisis data menggunakan Uji bivariate dengan uji kolerasi Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara petugas pelayanan kesehatan dengan loyalitas pasien pre-post partum yaitu (p Value = 0,118 > 0,05), tidak ada hubungan antara proses pelayanan dengan loyalitas pasien pre-post partum yaitu (p Value = 0,118 > 0,05), dan tidak ada hubungan antara teknologi pelayanan dengan loyalitas pasien pre-post partum yaitu (p Value = 0,060 > 0,05). Faktor lain yang membuat pasien loyal baik itu petugas pelayanan kesehatan baik ataupun tidak karna no choice (tidak ada pilihan lain) dan adapun pilihan rumah sakit lain tetapi dapat dilihat yaitu dekat dari tempat tinggal mereka, kecocokan dokter, dan tarif pada rumah sakit tersebut. Penelitian berikutnya diharapkan mampu mengenali faktor-faktor tambahan yang berhubungan dengan loyalitas pasien pre-post partum.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Management, Loyalitas, pasien pre-post partum. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT > KESMAS |
Depositing User: | operator 8 |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 07:32 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 07:32 |
URI: | http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3845 |
Actions (login required)
View Item |