PERLINDUNGAN DATA DIRI PENGGUNA APLIKASI TRANSAKSI PINJAMAN ONLINE DALAM PERSPEKTIF PERLINDUNGAN KONSUMEN DI INDONESIA

Rudi, Alfiyyah Salsabila (2023) PERLINDUNGAN DATA DIRI PENGGUNA APLIKASI TRANSAKSI PINJAMAN ONLINE DALAM PERSPEKTIF PERLINDUNGAN KONSUMEN DI INDONESIA. Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
Alfiyyah Salsabila Rudi_04020190192.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://fh.umi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis, perlindungan data diri dan upaya yang dapat dilakukan oleh pengguna aplikasi dalamtransaksi pinjaman online dalam perspektif perlindungan konsumen di Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif atau menggunakan metode penelitian hukum normatif. Adapun bahan penelitianyang akan digunakan dalam melakukan penelitian pada skripsi ini adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, serta bahan hukum tersier. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan bahan hukum metode library research. Setelah bahan hukum dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis secara perskriptif, yaitu dengan cara mengkaji pemecahan masalah dari penelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan data diri pengguna aplikasi transaksi pinjaman online dalam perspektif perlindungan konsumen di Indonesia terdiri atas tiga yaitu perlindungan preemtif berupa sosialisasi, perlindungan preventif yaitu baik pengguna ataupun penyedia jasa wajib menjaga kerahasiaan data pribadi pengguna, dan perlindungan represif yaitu memasuki proses penegakan hukum. Proses hukum ini diajukan setelah pelanggaran terjadi dengan maksud untuk mengembalikan ataumemulihkan keadaan. Upaya yang dapat dilakukan pengguna aplikasi dalam transaksi pinjaman online yaitu upaya hukum non-yudisial atau non litigasi (diluar peradilan) dan upaya hukum yudisial atau litigasi (peradilan).Rekomendasi penelitian bahwa Perlindungan data pribadi dilakukan untukmencegah terjadinya pelanggaran data pribadi, disarankan untukmenghindari penggunaan layanan pinjaman berbasis online apabila tidakdalam keadaan yang sangat membutuhkan. Upaya yang dilakukan untukmelindungi data pribadi pengguna jasa transaksi online, dapat menempuh non litigasi terlebih dahulu. Jika tidak ditemukan penyelesaian, maka korban dapat menempuh upaya litigasi sesuai dengan peraturan perundangundangan.Konsumen sebagai pemilik data sebaiknya membaca ataumengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau jasa, demi keamanan serta keselamatan dengan mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: FAKULTAS HUKUM > ILMU HUKUM
Depositing User: S.Kom Mahmud Sayyid
Date Deposited: 15 Sep 2023 06:32
Last Modified: 15 Sep 2023 06:32
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4286

Actions (login required)

View Item View Item