EFEKTIVITAS PENYELESAIAN SENGKETA LEASING PADA BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (Studi pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Makassar)

Rahmadani, Ayu (2023) EFEKTIVITAS PENYELESAIAN SENGKETA LEASING PADA BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (Studi pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Makassar). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
Ayu Rahmadani_04020190525.pdf

Download (950kB)
Official URL: http://fh.umi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan efektifitas penyelesaian sengketa leasing pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen di Kota Makassar dalam menangani sengketa Leasing yang marak terjadi di lingkup Kota Makassar khususnya. Sehingga memudahkan konsumen dalam menyelesaikan sengketanya.Penelitian ini menggunakan metode empiris. Lokasi penelitian dilaksanakan di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Makassar. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu penelitian lapangan dan penelitian pustaka. Data yang diperoleh akan dianalisis untuk menghasilkan kesimpulan dan diajukan secara deskriptif kualitatif serta menyajikan data yang jelas dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 55 kasus penyelesaian sengketa konsumen pada rentan kurun waktu 3 tahun terakhir (2019-2021). BPSK Kota Makassar berhasil menuntaskan setidaknya 25 kasus selesai dalam tahap mediasi, dan 3 dalam tahap konsiliasi, 15 kasus masuk dalam kategori menempuh jalur lain, dan 12 kasus lainnya ditolak. Kepada pemerintah Republik Indonesia, pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dinilai kurang efektif menyelesaikan sengketa Leasing. Sehingga diharapkan seluruh kota yang ada di Indonesia dapat dibentuk BPSK agar mampu memudahkan masyarakat dalam penanganan sengketa yang dialamiRekomendasi penulis pemerintah dapat melakukan pemantauan ataupun pengawasan terhadap kinerja aparat BPSK dan BPSK harus tetap konsisten dalam menegaggakan hukum perlindungan konsumen dan selalu berperperan aktif dalam hal memberikan edukasi berupa sosialisasi perlindungan konsumen kepada masyarakat, dan juga dapat melakukan kerja sama dengan lembaga penegak hukum lainnya dalam rangka untuk menciptakan sistem penegakan hukum perlindungan konsumen yang efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: FAKULTAS HUKUM > ILMU HUKUM
Depositing User: S.Kom Mahmud Sayyid
Date Deposited: 22 Sep 2023 06:24
Last Modified: 22 Sep 2023 06:24
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4372

Actions (login required)

View Item View Item