ANALISIS YURIDIS TANGGUNG JAWAB HUKUM PRODUSEN ATAS IKLAN YANG MENYESATKAN KONSUMEN

Arsypitung Jamil, Yusril (2023) ANALISIS YURIDIS TANGGUNG JAWAB HUKUM PRODUSEN ATAS IKLAN YANG MENYESATKAN KONSUMEN. Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
YUSRIL ARSYPITUNG JAMIL_04020190423.pdf

Download (896kB)
Official URL: http://fh.umi.ac.id/

Abstract

YUSRIL ARSYPITUNG JAMIL. 04020190423: “Analisis Yuridis Tanggungjawab Hukum Produsen Atas Iklan Yang Menyesatkan Konsumen”. Di bawah bimbingan Anggraeny Arief sebagai Ketua Pembimbing Asriati Asriati sebagai anggota pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tanggungjawab hukum produsen atas iklan yang menyesatkan konsumen. dan menganalisis penerapan sanksi hukum terhadap iklan yang menyesatkan konsumen. Tipe penelitian adalah tipe normatif dengan teknik pengumpulan data penelitian studi pustaka. Bahan hukum yang diperoleh kemudian dianalisis dengan argumentative dan disajikan dengan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, Untuk melindungi konsumen terdapat dua ketentuan yaitu hukum publik dan hukum perdata, di mana dalam hukum perdata terdiri dari hukum perjanjian dan hukum tentang perbuatan melawan hukum, dan Penerapan sanksi hukum terhadap iklan yang menyesatkan konsumen berdasarkan ketentuan Pasal 19 ayat (1) UUPK bahwa pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, dan atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dan atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan‖. Konsumen yang dirugikan karena peraktik promosi yang tidak jujur meminta tanggung jawab dari pihak pelaku usaha yang berupa ganti rugi sebagaimana diatur dalam Pasal 19 ayat (2) yaitu ganti rugi yang berupa pengembalian uang sejumlah harga barang yang dibelinya. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah Bagi pelaku usaha, sebaiknya mencantumkan informasi yang benar dan jujur terkait produk yang diiklannya. Dengan demikian konsumen konsumen bisa mempertimbangkan dengan seksama jika akan memberli produk tersebut. Apalagi produk berupa mobil merupakan produk yang tidak murah dan memerlukan pertimbangan-pertimbangan tertentu untuk memutuskan membeli dan menggunakannya. Bagi konsumen sebaiknya berhati-hati dalam menyerap informasi dari iklan yang disampaikan pelaku usaha. Sebaiknya melakukan konfirmasi atau menanyakan kepada beberapa konsumen yang telah menggunakan produk yang sama untuk membuktikan kebenaran dari iklan atau promosi produk yang akan dibelinya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: FAKULTAS HUKUM > ILMU HUKUM
Depositing User: M.AP Arya Andi
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:39
Last Modified: 21 Sep 2023 02:39
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4375

Actions (login required)

View Item View Item