Saputri, Rukmana Dwi (2023) PERTANGGUNG JAWABAN MASKAPAI PT. LION AIR TERHADAP PENUNDAAN KEBERANGKATAN PENUMPANG (DELAY) (STUDI PADA PT. LION AIR). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.
Text
Rukmana Dwi saputri_04020190290.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang perlindungan konsumen pengguna jasa penerbangan ditinjau dari Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan untuk mengetahui pertanggung jawaban PT. Lion Air tentang perlindungan konsumen terhadap penundaan keberangkatan penerbangan (Delay). Penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris. Penelitian ini dilakukan dengan observasi dan/atau wawancara serta menyebarkan kuesioner.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perlindungan konsumen terkait dengan penundaan keberangkatan (Delay) terdapat dalam dua aturan yang berbeda yaitu PERMENHUB Nomor 89 Tahun 2015 dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pertanggung jawaban PT. Lion Air terhadap penumpang yang mengalami penundaan keberangkatan (Delay) tidak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku khususnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan PERMENHUB Nomor 89 Tahun 2015.Rekomendasi penelitian bertujuan kepada pelaku usaha agar meningkatkan kedisiplinan dan pelayanan kepada penumpang agar penumpang merasa nyaman khususnya penundaan keberangkatan yang menimbulkan kerugian dan harus diberikan kompensasi yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | FAKULTAS HUKUM > ILMU HUKUM |
Depositing User: | S.Kom Mahmud Sayyid |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 03:16 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 03:16 |
URI: | http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4548 |
Actions (login required)
View Item |