Studi Model Struktur Rangka Baja Jembatan

Ashad, Hanafi (2021) Studi Model Struktur Rangka Baja Jembatan. Journal of Applied Civil and Environmental Engineering, 1 (2). pp. 28-35. ISSN 2775-0213

[img] Text
naskah_Studi Model Struktur Rangka Baja Jembatan.pdf

Download (689kB)

Abstract

Terdapat berbagai macam model struktur rangka baja jembatan yang digunakan seperti Howe Truss,Pratt Truss, Warren Truss, K Truss dan Baltimore Truss. Dari kelima model yang ditinjau, penulis menganalisis dari berbagai aspek dengan tujuan untuk mendapatkan gaya–gaya dalam dan deformasi serta mendapatkan perbandingan berat total dan mendapatkan model struktur rangka baja terbaik. Data struktur dari penelitian ini berasal studi literatur yang diasumsikan bahwa penelitian ini menggunakan standar bangunan atas jembatan rangka baja kelas B dari Bina Marga dengan lebar badan jalan 8,0 m; trotoar 2x1,0; dan bentangan 40,0 m dari setiap model struktur. Asumsi lain yang digunakaan yaitu perecanaan struktur jembatan hanya meninjau struktur bagian super structure saja, dan bentangan serta pembebanan direncanakan seragam untuk kelima model struktur.Proses analisisnya menggunakan SAP 2000 dan menggunakan model kombinasi beban terbesar dari kedua jenis kombinasi. Berdasarkan analisis yang digunakan dari kelima model yang ditinjau, maka dapat disimpulkan bahwa lendutan maksimum terjadi pada rangka K dengan nilai lendutan sebesar -0.063093 cm dan gaya batang maksimum terjadi pada rangka batang Howe dengan nilai gaya batang sebesar -343863.01 kg (tekan). Adapun berat struktur maksimum terjadi pada rangka Werren dengan nilai sebesar 31070,27 kg

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: FAKULTAS TEKNIK > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with email admin@umi.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:54
Last Modified: 12 Oct 2023 07:54
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item