PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN TERKAIT KETIDAKJUJURAN KARYAWAN PADA STRUK BELANJA (Studi Kasus Pada Alfamart Di Kota Makassar)

Islami, Maqfirah Nurul (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN TERKAIT KETIDAKJUJURAN KARYAWAN PADA STRUK BELANJA (Studi Kasus Pada Alfamart Di Kota Makassar). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
Maqfirah Nurul Islami_04020180556.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://fh.umi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui dan menganalisis bagaimana perlindungan hukum konsumen terhadap ketidakjujuran karyawan Alfamart di Kota Makassar, (ii) mengetahui dan menganalisis bagaimana pertanggungjawaban karyawan terkait ketidakjujuran pada struk belanja Alfamart di Kota Makassar.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris dengan teknik pengumpulan data menggunakam wawancara, dokumentasi, dan observasi yang diperoleh dari Karyawan Alfamart di Kota Makassar (1) Jalan A.P Pettarani dengan jumlah karyawan 2 orang, (2) Jalan Haji Kalla dengan jumlah karyawan 2 orang (3) Jalan Tamalate dengan jumlah karyawan 2 orang serta Konsumen dengan jumlah 5 orang. Teknik analisis dangan argumentative dan disajikan secara deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perlindungan hukum terhadap konsumen terkait ketidakjujuran karyawan pada struk belanja Alfamart di Kota Makassar menunjukkan bahwa perlindungan hukum yang dilakukan adalah dengan penyelesaian mediasi oleh BPSK atau di luar pengadilan hal ini ditempuh karena ada itikad baik dari pelaku usaha dengan meminta maaf kepada secara langsung kepada konsumen, serta konsumen memilih menyelesaikan masalahnya melalui luar pengadilan karena menganggap bahwa jalur tersebut lebih memudahkan terlebih lagi konsumen belum sepenuhnya memahami hak-haknya yang telah diatur oleh UUPK sesuai dengan Nomor 8 tahun 1999 tentang Pelindungan Konsumen dalam pasal 4 (b). Serta Pertanggungjawaban karyawan terkait ketidakjujuran pada struk belanja Alfamart di Kota Makassar menunjukkan bahwa pertanggung jawaban yang diberikan adalah diselesaikan dengan cara musyawarah antara pihak Alfa Mart dan konsumen yang dirugikan, dan Alfa Mart selaku pelaku usaha memberi permohonon maaf kepada konsumen yang telah dirugikan haknya yang di atur dalam UUPK.Rekomenasi penelitian yaitu, bahwa pelaku usaha hendaknya lebih sering mengecek karyawannya agar tidak terjadinya kesempatan dalam ketidakjujuran antara karyawan dan konsumen, dan memberikan sanksi yang pas agar karyawan menjadi jera untuk melakukan hal tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: FAKULTAS HUKUM > ILMU HUKUM
Depositing User: S.Kom Mahmud Sayyid
Date Deposited: 19 Oct 2023 23:48
Last Modified: 19 Oct 2023 23:48
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4749

Actions (login required)

View Item View Item