Putra Hardana, Muh. Ariel (2022) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN OLEH PT TELKOM AKIBAT GANGGUAN JARINGAN WIFI INDIHOME (Studi Pada Plasa Telkom Balaikota Makassar). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.
Text
Muh Ariel Putra Hardana_04020180280.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen akibat gangguan jaringan massal WIFI IndiHome serta untuk mengetahui dan menganalisa upaya yang dilakukan PT. Telkom unuk memulihkan hak-hak konsumen IndiHome akibat gangguan jaringan massal.Penelitian ini menggunakan metode empiris. Lokasi penelitian dilaksanakan di Plasa Telkom Balaikota Makassar. Jenis dan sumber data yang diperoleh baik dari studi kepustakaan maupun dari lapangan akan di analisis secara deskriptif kualitatif kemudian dihubungkan dengan teori-teori, asas-asas, dan kaidah-kaidah hukum yang diperoleh dari studi kepustakaan sehingga diperoleh jawaban atas masalah yang dirumuskan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Telkom IndiHome selaku pelaku usaha tidak berkewajiban untuk memberikan perlindungan hukum karena gangguan jaringan massal terjadi akibat force majeure, namun PT Telkom IndiHome tetap memberikan pelayanan sebagai perlindungan hukum bagi konsumen berupa segera menginformasikan kepada pelanggan terkait gangguan jaringan tersebut, melakukan rerouting trafik atau pengalihan lalu lintas jaringan sebagai alternatif komunikasi serta perbaikan jaringan. Serta Telkom IndiHome terus melakukan perbaikan bertahap pasca gangguan jaringan massal laut Jasuka sehingga jaringan tiap tiap daerah berangsur membaik walaupun menghabiskan waktu yang cukup lama. Bagi pelanggan yang mengalami gangguan jaringan selama lebih dari 3x24 jam mendapatkan kompensasi sesuai paket berlangganan yang diambil. Bagi pelanggan paket WiFi IndiHome tanpa Usee TV (Paket 1P), mendapatkan penyesuaian biaya hingga 10%. Sedangkan bagi pelanggan paket WiFi IndiHome dan UseeTV (Paket 2P) mendapatkan kompensasi berupa open channel atau pembukaan seluruh kanal TV secara gratis.Diharapkan agar pelaku usaha dapat lebih memerhatikan dan meminimalisir faktor-faktor yang berpotensi menyebabkan gangguan jaringan massal yang dapat merugikan konsumen. Mengingat bentuk force majeur yang terjadi pada laut Jasuka adalah kecelakaan, maka sebaiknya pelaku usaha berhati-hati agar terhindar dari force majeur khususnya kecelakaan serta pelaku usaha perlu meningkatkan kinerjanya dalam memperbaiki jaringan dengan cepat agar dapat meminimalisir kerugian konsumen serta memberikan penyampaian secara terperinci kepada konsumen mengenai kompensasi sesuai ketentuan kontrak berlangganan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | FAKULTAS HUKUM > ILMU HUKUM |
Depositing User: | operator 2 |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 23:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 23:49 |
URI: | http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4757 |
Actions (login required)
View Item |