EFEKTIVITAS KINERJA BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) SETELAH BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH (Studi BPSK Kota Makassar)

Risman, Risman (2022) EFEKTIVITAS KINERJA BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) SETELAH BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH (Studi BPSK Kota Makassar). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
Risman_04020180322.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://fh.umi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi tugas dan wewenang BPSK setelah berlakunya UU No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah dan peranan BPSK dalam mewujudkan perlindungan konsumen setelah berlakunya UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.Penelitian ini menggunakan metode empiris. Lokasi penelitian dilaksanakan di Dinas Perindag Provinsi Sul-Sel dan Dinas Perindang Kota Makassar. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu penelitian lapangan dan penelitian pustaka. Data yang diperoleh akan dianalisis untuk menghasilkan kesimpulan dan diajukan secara deskriptif kualitatif serta menyajikan data yang jelas dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi tugas dan wewenang BPSK pasca berlakunya UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah secara umum untuk BPSK Kota Makassar masih terlaksana meskipun dengan keterbatasan anggaran sehingga Peran BPSK hanyalah sebatas menyelenggarakan penyelesaian sengketa. Peran BPSK dalam mewujudkan perlindungan konsumen setelah berlakunya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengalami kemunduran oleh karena ada beberapa peran BPSK yang dahulu dilakukan, namun saat ini tidak terlaksana akibat tiadanya anggaran.Rekomendasi pada penelitian ini, Peran BPSK ingin dikembalikan agar semua peran yang selama ini dilaksanakan sebelum Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah seperti melakukan pengawasan pencantuman klausula baku dan melakukan sosialisasi yang intens kepada pelaku usaha dan konsumen, konsultasi dan edukasi perlindungan konsumen dan pengawasan barang beredar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: FAKULTAS HUKUM > ILMU HUKUM
Depositing User: operator 2
Date Deposited: 19 Oct 2023 23:52
Last Modified: 19 Oct 2023 23:52
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item