PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN DALAM TRANSAKSI PENGANGKUTAN BARANG DENGAN MENGGUNAKAN SURAT BERHARGA

Julia, Tasya Ainun (2022) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN DALAM TRANSAKSI PENGANGKUTAN BARANG DENGAN MENGGUNAKAN SURAT BERHARGA. Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
Tasya Ainun Julia_04020180229.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://fh.umi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perlindungan Hukum Konsumen Dalam Transaksi Pengangkutan Barang Dengan Menggunakan Surat BerhargaPenelitian ini menggunakan metode penelitian normatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data, kepustakaan (Library research). Analisis data yakni seluruh data yang diperoleh dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier, penulis selanjutnya menganalisis dan mengkalisifikasikan untuk menghasailkan kesimpulan data secara bermutu dalam bentuk kalimat yang teratur, runtun,logis dan tidak tumpang tindih dan efektif sehingga memudahkan interpretasi data dan analisis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasakan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 4 huruf h menyatakan bahwa konsumen memiliki hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yangditerima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya. Penyelesaian sengketa dalam pengangkutan laut dapat ditempuh melalui pengadilan atau diluar pengadilan berdasarkan pilihan sukarela para pihak yang bersengketa. Apabila telah dipilih melalui penyelesaian sengketa diluar pengadilan, gugatan melalui pengadilan hanya dapat ditempuh apabila upaya tersebut dinyatakan tidak berhasil, yang terdapat dalam pasal 45 Undang – undang Perlindungan Konsumen.Rekomendasi Penelitian, konsumen ketika ingin mengirimkan barang melalui laut melihat terdahulu cuaca, agar pengirimannya dapat sampai tepat waktu. dan meminimalisir kejadian atau penyebab keterlambatan pengiriman. Sebaiknya, perjanjian terhadap pengangkut dan konsumen mempunyai pasal yang jelas mengatur mengenai sampainya barang tersebut, dan kejadian – kejadian yang tidak diinginkan merupakan bukan tanggung jawab pengangkut, dan apabila pengangkut telah melaksanakan kewajibannya konsumen tidak dapat lagi mengajukan gugatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: FAKULTAS HUKUM > ILMU HUKUM
Depositing User: operator 2
Date Deposited: 19 Oct 2023 23:53
Last Modified: 19 Oct 2023 23:53
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4791

Actions (login required)

View Item View Item