ANALISIS TANGGUNG JAWAB HUKUM PELAKU USAHA DALAM PERJANJIAN JUAL BELI MOBIL BEKAS

Irwanto, Irwanto (2023) ANALISIS TANGGUNG JAWAB HUKUM PELAKU USAHA DALAM PERJANJIAN JUAL BELI MOBIL BEKAS. Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
Irwanto_04020160745.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://fh.umi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif ini penulis ambil karna ada beberapa pertimbangan dan karena metode kualitatif lebih bisa dan mudah menyesuaikan apabila berhadapan dengan keadaan ganda, metode ini menyajikan hakekat hubungan antara peniliti dan responden secara langsung dan metode ini lebih peka sehingga dapat menyesuaikan diri dan banyak penajaman pengaruh bersama terhadap pola-pola nilai yang dihadapi peneliti.Penelitian ini di lakukan di showroom asia mobil yang berada di jalan Veteran Selatan No. 172 Makassar, peneliti melakukan penelitian ini dengan cara langsung ke showroom asia mobil untuk mengambil informasi dan data melalui wawancara dengan pemilik showroom asia mobil Makassar.Jual beli merupakan transaksi mengganti atau tukar menukar barang yang didasarkan dengan adanya akad, guna bertujuan untuk memenuhi kebutuhan seseorang. Jual beli mobil bekas dalam praktiknya dapat dilakukang langsung oleh penjual dan pembeli, namun penjual dan pembeli mempunyai hak dan kewajibannya masing-masingAdapun rumusan masalah dalam menyusun penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah perjanjian jual beli bekas di showroom asia mobil, (2) bagaimanakah tanggung jawab pelaku usaha jika terjadi wanprestasi dalam pembelian mobil bekasHasil penelitian yang didapatkan peneliti di showroom asia mobil Makassar adalah : (1) bahwa perjanjian jual beli mobil bekas (akad) di showroom asia mobil Makassar menggunakan perjanjian yang hampir sama dengan showroom mobil bekas lain, yaitu perjanjian (akad) dilakukan secara lisan dan diperkuat dengan bukti nota pembelian, (2) tanggung jawab pelaku usaha dalam hal ini pihak showroom asia mobil bila terjadi wanprestasi adalah tetap bertanggung jawab penuh atas wanprestasi yang pelaku usaha lakukan dan mencari solusi bersama dengan konsumennya, meskipun menurut keterangan pemilik usaha showroom asia mobil selama ia memulai usaha belum pernah melakukan wanprestasi terhadap konsumennya karena pihak showroom asia mobil menjelaskan dan menceritakan kondisi mobil yang ia jual dengan apa adanya atau sesuai kebenarannya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: FAKULTAS HUKUM > ILMU HUKUM
Depositing User: S.Kom Mahmud Sayyid
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:39
Last Modified: 26 Oct 2023 01:39
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4877

Actions (login required)

View Item View Item