ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD DALAM MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN PADA PDAM KOTA MAKASSAR

Dewi, Marlinda Citra (2019) ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD DALAM MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN PADA PDAM KOTA MAKASSAR. Masters thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
001904232017 Marlinda Citra Dewi Full Text.pdf

Download (3MB)
[img] Text
001904232017 Marlinda Citra Dewi Jurnal.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengukuran kinerja digunakan untuk mengukur keberhasilan perusahaan dan memberikan umpan balik bagi perencanaan peningkatan kinerja berikutnya. Selama ini, pengukuran kinerja dilakukan dengan berpedoman pada Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 1999 dan indikator yang dikembangkan Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM). Kedua pengukuran tersebut menitiberatkan aspek keuangan dan internal perusahaan, kurang memperhatikan aspek eksternal perusahaan. Penelitian ini membahas capaian kinerja PDAM Kota Makassar dengan pendekatan balanced scorecard yang meliputi empat perspektif yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menyarankan antara lain (1) Tetap mengoptimalkan kinerja perspektif keuangan untuk memaksimalkan laba perusahaan, (2) Terkait kepuasan pelanggan, perusahaan harus terus berupaya meningkatkan layanannya dengan tetap memperhatikan tarif pembayaran air minum. Selain itu, perusahaan harus menambah jaringan perpipaan dan memikirkan alternatif sumber air baku agar dapat menjangkau seluruh penduduk wilayah Kota Makassar, (3) Terkait perspektif proses bisnis internal, perusahaan harus membuat strategi inovatif untuk menangani masalah tingginya tingkat kehilangan air dan kebocoran seperti melakukan penggantian pipa-pipa yang sudah rusak/tua dan mengoptimalkan kinerja tim berdasarkan zona kebocoran sehingga dapat memaksimalkan kinerja perusahaan, perusahaan juga harus dapat menangani seluruh pengaduan pelanggan sebagai bentuk layanan purnajual, (4) Terkait perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perusahaan harus mengoptimalkan kinerja pegawai dalam rangka keikutsertaan dalam pengambilan keputusan, serta aktif mencari informasi pelaksanaan diklat terkait tupoksi PDAM agar kompetensi pegawai semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: PASCASARJANA > MAGISTER AKUNTANSI
Depositing User: Unnamed user with email admin@umi.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2020 06:24
Last Modified: 27 Nov 2020 06:24
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item