HUBUNGAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN MINAT KEMBALI PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT IBNU SINA YW-UMI KOTA MAKASSAR TAHUN 2023

Asmi, Nurul (2024) HUBUNGAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN MINAT KEMBALI PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT IBNU SINA YW-UMI KOTA MAKASSAR TAHUN 2023. Masters thesis, Univeristas Muslim Indonesia.

[img] Text
Sampul.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah utama dalam rumah sakit yang mempromosikan bauran komunikasi pemasaran adalah kurangnya pemahaman tentang pasar sasaran. Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran, seberapapun kualitas suatu produk bila konsumen belum perna mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk tersebut akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan perna membelinya. Berdasarkan informasi rekam medis di Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Kota Makassar, jumlah kunjungan pada bulan April hingga Juni 2022 sebanyak 4.418 orang, sedangkan pada bulan Juli hingga September 2022 sebanyak 5.317 pasien. Hasil ini menunjukkan bahwa kunjungan pasien telah meningkat. Eksplorasi ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Bauran Komunikasi dengan Minat Kembali Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Kota Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional sectional study yang diharapkan dapat menentukan hubungan bauran komunikasi pemasaran dengan minat pasien kembali di Rumah sakit Ibnu Sina YW - UMI Kota Makassar Uji Chi-Square digunakan untuk menganalisis data. Hasil Tidak Ada hubungan Periklanan (Advertising) dengan minat kembali dengan perolehan nilai P= 1,000 (α>0,05). Ada hubungan promosi penjualan (Sales Promotion) dengan minat kembali pasien dengan perolehan nilai P= 0,043 (α>0,05).Tidak Ada hubungan penjualan pribadi (Personal Selling) dengan minat kembali pasien dengan perolehan nilai P= 1,000 (α>0,05).Ada hubungan pemasaran langsung (Direct Marketing) dengan minat kembali pasien dengan perolehan nilai P= 0,000 (α>0,05) Tidak Ada xiv hubungan hubungan masyarakat (Public Relations) dengan minat kembali pasien dengan perolehan nilai P= 0,868 (α>0,05). Ada hubungan promosi penjualan (Sales Promotion) dengan minat kembali pasien rawat jalan Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Kota Makassar Tahun 2023 dan Ada hubungan Direct Marketing (Pemasaran Langsung) dengan minat kembali pasien rawat jalan Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Kota Makassar Tahun 2023. Saran bauran komunikasi pemasaran terkait Sales Promotion Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Kota Makassar lebih meningkatkan lagi promosi kesehatan dan informasi pemeriksaan secara berkala.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bauran Komunikasi , Minat Kembali, Rawat JalanBa
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
Depositing User: operator 8
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:27
Last Modified: 27 Jun 2024 06:27
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/6477

Actions (login required)

View Item View Item