PENGARUH AFIRMASI POSITIF TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

Nazra, Siti (2024) PENGARUH AFIRMASI POSITIF TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA. Masters thesis, Univeristas Muslim Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI_SITI NAZRA(1)-1.pdf

Download (39kB)
[img] Text
SKRIPSI_SITI NAZRA(1)-2.pdf

Download (372kB)
[img] Text
SKRIPSI_SITI NAZRA(1)-4.pdf

Download (207kB)
[img] Text
SKRIPSI_SITI NAZRA(1)-5.pdf

Download (291kB)
[img] Text
SKRIPSI_SITI NAZRA(1)-6.pdf

Download (430kB)
[img] Text
SKRIPSI_SITI NAZRA(1)-7.pdf

Download (367kB)
[img] Text
img20241016_09455226.pdf

Download (125kB)

Abstract

Stres akademik dapat di kurangi dengan afirmasi positif yang mampu mempengaruhi alam bawah sadar dan menstimulasi hormon endorfin dalam tubuh sehingga mengurangi terjadinya stres akademik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh afirmasi positif terhadap stres akademik pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain quasi eksperimen dengan pendekatan two group pre-post test design. Sampel diambil dari populasi yang memenuhi kriteria inklusi di prodi keperawatan fakultas kesehatan masyarakat universitas muslim indonesia Makassar pada bulan 4 November – 4 Desember, sebanyak 34 responden dengan purposive sampling. Variabel independen yaitu Afirmasi Positif sedangkan variabel dependen yaitu stres akademik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum dilakukan afirmasi positif 17 orang mahasiswa sebagai kelompok intervensi dan 17 orang mahasiswa sebagai kelompok kontrol. hasil uji statistik Wilcoxon dengan nilai þ= 0,000 < α= 0,05 yang artinya ada pengaruh afirmasi positif terhadap stres akademik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh afirmasi positif terhadap penurunanan stres akademik pada mahasiswa keperawatan fakultas kesehatan masyarakat universitas muslim indonesia. Diharapkan agar mahasiswa menggunakan afirmasi positif sebagai pilihan mekanisme koping untuk mengatasi stres akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Afirmasi Positif; Stres Akademik, Mahasiswa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT > ILMU KEPERAWATAN
Depositing User: operator 8
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:32
Last Modified: 18 Oct 2024 06:32
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/7080

Actions (login required)

View Item View Item