HUBUNGAN SELF-ESTEEM DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA DI SMA 10 TANA TORAJA TAHUN 2025

Triwidaryanty, Triwidaryanty (2025) HUBUNGAN SELF-ESTEEM DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA DI SMA 10 TANA TORAJA TAHUN 2025. Masters thesis, Univeristas Muslim Indonesia.

[img] Text
hal judul.pdf

Download (246kB)
[img] Text
ringkasan.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Pengesahan .pdf

Download (812kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (300kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (494kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (413kB)

Abstract

Remaja. seringkali menghadapi masalah internal yang mereka tidak sadari, yang kemudian dapat menimbulkan konflik akibat masalah self esteem. Remaja dengan self esteem yang tinggi akan berfikir positif tentang hal-hal dalam dirinya, berbeda dengan remaja yang mempunyai self esteem yang rendah akan berfikir negative tentang dirinya dan tidak menyukai persepsi tentang segala sesuatu di sekitarnya.Menimbulkan akibat masalah konflik masalah self esteem terkait power, significance, virtue dan competence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dengan perilaku asertif pada siswa di SMA 10 Tana Toraja Tahun 2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Jenis Penelitian dengan desain menggunakan desain cross-sectional untuk mengetahui hubungan self esteem dengan perilaku asertif. Sasaran penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI dengan jumlah populasi sebanyak 168 siswa. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 118 siswa. Tempat dan waktu penelitian ini di SMA 10 Tanah Toraja ± satu bulan. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS dengan metode analisis univariat dan bivariat. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self esteem (power) (p = 0,000 < 0,05) dengan perilaku asertif. Terdapat hubungan antara self esteem (Significance) (p = 0,001 < 0,05) dengan perilaku asertif. Terdapat hubungan antara self esteem (Virtue) (p = 0,001 < 0,05) dengan perilaku asertif. Terdapat hubungan antara self esteem (Competence) (p = 0,003 < 0,05) dengan perilaku asertif pada siswa di SMA 10 Tana Toraja. Kesimpulan penelitian ini bahwa self esteem (power), self esteem (Significance), self esteem (Virtue), self esteem (Competence) berhubungan dengan perilaku asertif pada siswa di SMA 10 Tana Toraja. Saran diharapkan dapat meningkatkan self esteem (power) dengan selalu berfikir positif, self esteem (significance) mengikuti pelatihan public speaking, self esteem (virtue) mengikuti kegiatan ekstrakulikuler dan self esteem (competence) kemampuan akademik dengan cara aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Self esteem, remaja, siswa, perilaku asertif,
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT > KESMAS
Depositing User: operator 8
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:53
Last Modified: 04 Jun 2025 02:53
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/7315

Actions (login required)

View Item View Item