Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga terhadap Minat Beli dan Loyalitas Konsumen Salad Buah di Kota Makassar (Studi Kasus Pada Konsumen Queen Fruits Cabang Tamalanrea)

Ai Sri Wahyuningsih, Sri (2023) Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga terhadap Minat Beli dan Loyalitas Konsumen Salad Buah di Kota Makassar (Studi Kasus Pada Konsumen Queen Fruits Cabang Tamalanrea). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
Sampul.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Hasill dan Pembahasan.pdf

Download (579kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (333kB)

Abstract

Queen Fruits merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Makassar yang menyediakan produk-produk kuliner berbahan dasar buah-buahan, salah satunya yaitu salad buah yang merupakan campuran buah-buahan dengan yogurt, manoyanes dan keju. Banyaknya pesaing UMKM di bidang kuliner yang bermuncul di Kota Makassar, membuat Queen Fruits berusaha untuk meningkatkan minat beli dan loyalitas konsumennya dengan mengembangkan kualitas produk, mempertahankan citra baik mereknya dan menyesuasikan harga sesuai kualitas produk yang disediakan untuk konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan jenis produk dan harga produk salad buah Queen Fruits; (2) mendeskripsikan volume produksi dan volume penjualan produk salad buah Queen Fruits; (3) menganalisis tingkat kualitas produk, citra merek, harga, minat beli, dan loyalitas konsumen pada produk salad buah Queen Fruits; (4) menganalisis pengaruh kualitas produk, citra merek, harga dan minat beli konsumen terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2023 di Kota Makassar. Adapun populasi penelitian ini yaitu konsumen Queen Fruits Cabang Tamalanrea dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif-kuantitatif, dengan menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salad buah Queen Fruits memiliki 5 varian rasa dengan harga berbeda berdasarkan ukurannya. Salad Buah dengan masing-masing varian (Saus original, saus greantea, saus taro, saus red velvet, dan saus creamy cheese) berukurn small (300 ml) seharga Rp. 14.000, salad buah regular (500 ml) seharga Rp. 25.000, salad buah regular extra (650 ml) sehargam Rp. 30.000, salad buah large (1.000 ml) seharga Rp. 50.000, salad buah jumbo 1 vii (2.000 ml) seharga Rp. 100.000, dan salad buah jumbo 2 (3.700 ml) seharga Rp. 155.000. Produk salad buah Queen Fruits yaitu salad buah varian cremy cheese dengan persentase rata-rata penjualan sebesar 99% merupakan persentase rata-rata penjualan tertinggi. Hal ini menunjukkan bahwa salad buah dengan varian creamy cheese memiliki peminat yang banyak sehingga produk salad buah varian creamy cheese sangat laku terjual. Rekapitulasi tingkat kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap minat beli menghasilkan nilai 7.330 yang artinya tingkat kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap minat beli masuk kategori tinggi Rekapitulasi tingkat kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap loyalitas konsumen menghasilkan nilai 6.926 yang artinya tingkat kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap loyalitas konsumen masuk kategori tinggi. Rekapitulasi tingkat kualitas produk, citra merek, harga, dan minat beli terhadap loyalitas konsumen menghasilkan nilai 8.511 yang artinya tingkat kualitas produk, citra merek, harga, dan minat beli terhadap loyalitas konsumen masuk kategori tinggi. Kualitas produk, citra merek, dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai signifikan atau nilai p-values yang lebih kecil dari 0,05. Kualitas produk, citra merek, dan harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikan atau nilai p-values yang lebih kecil dari 0,05. Kualitas produk, citra merek, harga, dan minat beli berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai signifikan atau nilai p-values yang lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, Minat Beli, Loyalitas Konsumen.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS
Depositing User: operator 12
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:31
Last Modified: 04 Aug 2023 06:31
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3585

Actions (login required)

View Item View Item