FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN SKINCARE BPOM DAN NON BPOM PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 1 AWANGPONE

Pratiwi, Nurfadhilah (2023) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN SKINCARE BPOM DAN NON BPOM PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 1 AWANGPONE. Masters thesis, fakultas Kesehatan masyarakat.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (248kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (495kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (415kB)
[img] Text
7. RINGKASAN.pdf

Download (441kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (531kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)

Abstract

Skincare merupakan produk kosmetika yang digunakan untuk melindungi menutrisi dan meremajakan kulit, baik yang kosmeseutikal (produk kosmetik yang mengandung bahan aktif biologis yang memiliki manfaat terapeutik pada permukaan yang diterapkan). ataupun yang membutuhkan resep dalam penggunaannya. Skincare atau perawatan wajah dapat berupa krim, sabun, lotion ataupun suntikan. Anggapan yang keliru telah banyak ditemukan terkait dengan kondisi kulit yang cantik dan sehat harus cerah atau putih, sehingga para wanita berlomba-lomba menggunakan skincare berupa krim pencerah yang menjanjikan hasil demikian tanpa mengetahui faktor resiko yang akan dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku pemilihan skincare BPOM dan non BPOM bagi remaja putri di SMP Negeri 1 Awangpone. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional study yang menganalisis data dari variabel independen (pengetahuan, keterjangkauan harga, pengaruh teman sebaya, keterjangkauan jarak, dan media) dengan variabel dependen (pemilihan skincare BPOM dan non BPOM). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 88 responden remaja putri dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi chi-square dengan derajat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian ini didaptkan variabel yang berhubungan dengan pemilihan skincare BPOM dan non BPOM yaitu pengetahuan (ρ-value 0,005), keterjangkauan harga (ρ-value 0,000), pengaruh teman sebaya (ρ-value 0,000), dan keterjangkauan jarak (ρ-value 0,001). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan, keterjangkauan harga, pengaruh teman sebaya, dan keterjangkauan jarak memiliki hubungan yang signifikan dengan pemilihan skincare BPOM dan non BPOM pada remaja putri di SMP Negeri 1 Awangpone. Diharapakan para remaja putri agar lebih selektif lagi dalam memilih produk skincare yang akan digunakan, bukan hanya karena tuntutan dari paradigma cantik harus putih sehingga memilih skincare berdasarkan efeknya saja namun mengesampingkan keamanannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Harga, Teman Sebaya, dan Jarak
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT > KESMAS
Depositing User: operator 8
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:40
Last Modified: 11 Sep 2023 01:40
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4079

Actions (login required)

View Item View Item