Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kue Brownies Pisang (Studi Kasus Pada Toko Kue Browcyl Brownies Pisang di Cabang Pettarani, Kota Makassar)

Akda Saktiyandi Asrul, Akda (2023) Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kue Brownies Pisang (Studi Kasus Pada Toko Kue Browcyl Brownies Pisang di Cabang Pettarani, Kota Makassar). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (218kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (983kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)

Abstract

Perkembangan bisnis yang sangat pesat, menimbulkan persaingan pasar yang cukup ketat. Setiap harinya muncul pelaku bisnis yang mengenalkan produk dengan kreativitas dan inovasi baru sehingga persaingan pasar pun tidak bisa dihindari. Salah satu jajanan/snack yang di tawarkan di pasaran adalah kue brownies dengan merek Browcyl. Melihat maraknya usaha brownies menciptakan persaingan yang semakin ketat, maka produsen Browcyl sangat perlu melakukan inovasi produk berupa merek, ukuran serta rasa yang dihasilkan. Dengan melakukan inovasi produk, maka para konsumen akan berkeinginan untuk mencoba produk-produk baru sehingga para konsumen tidaklah bosan dengan model dan jenis produk yang dihasilkan, karena berbagai macam produk sudah berubah. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan jenis varian, harga dan volume penjualan 2) Menganalisis persepsi konsumen terhadap komunikasi pemasaran, inovasi produk dan harga yang ditawarkan 3) Menganalisis keputusan pembelian produk. 4) Menganalisis pengaruh komunikasi pemasaran, inovasi produk, harga terhadap keputusan pembelian produk Browcyl brownies pisang di Kota Makassar Penelitian ini dilaksanakan di Browcyl Brownies Pisang di Cabang Jl. A. P. Pettarani No.9, Sinrijala, Kec. Panakkukang, Kota Makassar yg merupakan kantor sekaligus outlet pusat dari Browcyl yang dengan pertimbangan bahwa lokasi penelitian tersebut merupakan pusat penjualan Browcyl serta memiliki aksebilitas, visibilitas, lingkungan yang bagus untuk menerapkan komunikasi pemasaran dan produknya telah terinovasi. Penelitian ini dilaksanakan pada Agustus-September 2023. Jumlah sampel yang akan diambil adalah informan yaitu pemilik perusahaan dan 2 orang karyawan yang terdiri 1 orang bagian keuangan dan 1 orang bagian produksi dan konsumen yang membeli secara langsung produk Browcyl brownies pisang di cabang Pettarani, selama waktu penelitian dengan kriteria konsumen berkunjung di Browcyl brownies pisang di cabang Pettarani minimal lebih dari satu kali yang berusia 17 tahun ke atas, serta konsumen yang bersedia untuk diwawancarai yang berjumlah sebanyak 50 orang. Teknik atau cara menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive. Analisis yang digunakan adalah analisis deskrisptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Jenis varian produk brownies pisang Browcyl terdiri dari 8 varian diantaranya adalah unti original, unti choco almond, unti pandan, unti keju, unti tiramisu, unti cheesecreem, unti fla coklat, dan unti moccaramel. Harga brownies pisang Browcyl berkisar antara Rp.50.000–Rp.68.000. Total volume penjualan selama bulan April–Agustus 2023 rata-rata sebanyak 308 pcs. 2) Persepsi konsumen terhadap komunikasi pemasaran, inovasi produk dan harga berada pada kategori tinggi. 3) Keputusan pembelian yang terdiri dari 5 tahap yaitu, pengenalan masalah/kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian produk Browcyl berada pada kategori tinggi. 4) Variabel komunikasi pemasaran, inovasi produk dan harga terhadap keputusan pembelian berpengaruh sangat signifikan secara serempak dan parsial.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Inovasi, Harga, Keputusan Pembelian
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS
Depositing User: operator 12
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:00
Last Modified: 16 Oct 2023 03:00
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4668

Actions (login required)

View Item View Item