Analisis Pendapatan dan Minat Beli Konsumen Lemang Sebagai Makanan Lokal Tradisional (Studi Kasus Penjual Lemang di Kelurahan Pallengu Kecamatan Bangkala).

Riska Sainuddin, Riska Sainuddin (2024) Analisis Pendapatan dan Minat Beli Konsumen Lemang Sebagai Makanan Lokal Tradisional (Studi Kasus Penjual Lemang di Kelurahan Pallengu Kecamatan Bangkala). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (40kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
RINGASANN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
HASIL PEMBAHASAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Kelurahan Pallengu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jenepoto merupakan kelurahan yang sebagian besar masyarakatnya mengembangkan usaha mikro kecil berbasis rumah tangga. Salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdapat di Kelurahan Pallengu adalah usaha lemang. Lemang yang lebih dikenal oleh masyaratkat Kelurahan Pallengu Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto dengan sebutan “lammang ”. Penelitian ini di laksanakan di Kelurahan Pallengu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, dimulai pada Bulan Februari sampai dengan Bulan Juni 2023. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan proses produksi lemang sebagai makanan lokal tradisional di kelurahan bangkala, Kabupaten Jeneponto. 2). Menganalisis pendapatan dari usaha pembuatan lemang. 3). Mendeskripsikan citarasa lemang, harga, lokasi usaha dan promosi produk. 4). Mendeskripsikan minat beli konsumen terhadap produk lemang sebagai makanan lokal tradisional. 5). Menganalisis pengaruh citarasa lemang, harga, lokasi usaha dan promosi terhadap minat beli konsumen lemang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penjual dan konsumen lemang. Penentuan jumlah sampel penjual lemang menggunakan metode sensus, yaitu semua pengusaha lemang dijadikan sampel, sehingga jumlal sampel penjual lemang adalah sebanyak 17unit usaha. Selanjutnya untuk konsumen lemang populasinya tidak diketahui secara pasti, menentukan jumlah anggota sampel minimal 10 kali dari jumlah variabel yang diteliti. Sehingga jumlah sampel konsumen dalam penelitian ini adalah sebesar 50 orang. Teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive yaitu menentukan sampel berdasarkan pertimbagan, sudah pernah membeli dan mengonsumsi lemang, berusia paling rendah 17 tahun dan bersedia diwawancarai. Penelitian ini menggunakan uji instrument penelitian, analisis pendapatan, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan proses produksi lemang dimulai dari persiapan alat dan bahan, perendaman beras ketan, pencampura n bahan-bahan, proses pencetakan, proses pemanggangan dan produk lemang siap untuk dijual. Pengusaha lemang memiliki rata-rata pendapatan dalam sebulan sebesar Rp. 4.499.001 per bulan. Produk lemang berdasarkan variabel cita rasa (X1) berada pada kategori cukup bervariasi, variabel harga (X2) memiliki harga yang sangat sesuai, variabel lokasi (X3) memiliki lokasi yang cukup strategis dan untuk variabel promosi (X4) berada pada kategori cukup melakukan promosi. Berdasarkan variabel minat beli konsumen (Y) yaitu pada indikator perhatian, konsumen cukup perhatian terhadap produk lemang, sedangkan indikator ketertarikan, konsumen cukup teertarik dan untuk indikator keinginan, berada pada kategori sangat ingin membeli. Variabel citarasa (X1), harga (X2), lokasi (X3) dan promosi (X4) secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap minat beli konsumen (Y). Sedangkan pengujian secara parsial citarasa (X1), harga (X2), promosi (X4) berpengaruh signifian terhadap minat beli konsumen (Y) dan untuk variabel lokasi (X3) berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen(Y) tetapi memiliki arah yang negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lemang, Pendapatan, citarasa, harga, lokasi, promosi dan minat konsumen
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS
Depositing User: operator 12
Date Deposited: 14 May 2024 01:50
Last Modified: 14 May 2024 01:50
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/6363

Actions (login required)

View Item View Item