EFEKTIVITAS BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (Studi Di Kota Makassar)

Mawardi, Khaerani (2018) EFEKTIVITAS BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (Studi Di Kota Makassar). Masters thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
0092.02.40.2014 SAMPUL.pdf

Download (208kB)
[img] Text
0092.02.40.2014 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (570kB)
[img] Text
0092.02.40.2014 KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img] Text
0092.02.40.2014 ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
0092.02.40.2014 DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
0092.02.40.2014 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
0092.02.40.2014 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
0092.02.40.2014 BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
0092.02.40.2014 BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
0092.02.40.2014 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
0092.02.40.2014 BAB V PENUTUP.pdf

Download (4kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas badan penyelesaian sengketa konsumen (BPSK) dalam penyelesaian sengketa konsumen, serta untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian hukum ini adalah penelitian hukum empiris. Penelitian bersifat deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik studi pustaka dan teknik wawancara. Keseluruhan data yang terkumpul baik dari data primer maupun data sekunder, diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif . Efektivitas badan penyelesaian sengketa konsumen (BPSK) dalam penyelesaian sengketa konsumen Kota Makassar kurang efektif karena belum berjalan sebagaimana mestinya. Faktor-faktor yang menghambat proses pelaksanaan penyelesaian sengketa konsumen adalah hukum itu sendiri, penegak hukum, sarana dan prasarana, masyarakat dan pendidikan. Pentingnya sosialisasi secara berkala baik itu secara langsung maupun melalui media elektronik, media cetak atau media sosial secara berkala oleh BPSK Kota Makassar karena mengingat masih banyaknya para pihak baik itu pelaku usaha ataupun konsumen yang bersengketa masih enggan menggunakan BPSK sebagai jalur penyelesaian sengketanya. Pemerintah juga hendaknya memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) pada Sekretariat BPSK Kota Makassar mengingat tugas-tugas BPSK yang begitu luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: PASCASARJANA > MAGISTER ILMU HUKUM
Depositing User: Unnamed user with email admin@umi.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:57
Last Modified: 17 Dec 2020 04:57
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item View Item