PENGARUH SERTIFIKAT HALAL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PENJUALAN USAHA DI SEKTOR FOOD AND BEVERAGE KOTA MAKASSAR

Rahim, Syamsuri (2023) PENGARUH SERTIFIKAT HALAL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PENJUALAN USAHA DI SEKTOR FOOD AND BEVERAGE KOTA MAKASSAR. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 12 (1). pp. 69-78. ISSN 2622-0806

[img] Text
PENGARUH SERTIFIKAT HALAL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PENJUALAN USAHA DI SEKTOR FOOD AND BEVERAGE KOTA MAKASSAR.pdf

Download (277kB)

Abstract

Produk halal kini telah menjadi tren dunia karena memiliki pasar yang potensial. Telah diakui bahwa halal mempunyai nilai ekonomi yang sangat penting, kesadaran tentang konsep halal mulai meningkat, dan banyaknya perusahaan dibidang produk dan layanan mulai merespon kebutuhan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sertifikat halal terhadap peningkatan pendapatan. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun variabel yang diteliti terdiri dari sertifikat halal (X) dan peningkatan pendapatan penjualan (variabel Y). Adapun sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Pengumpulan data yaitu membagikan kuesioner ke 30 perusahaan sektor food and beverage di Makassar. Hasil penelitian dengan metode analisis regresi linear sederhana menunjukkan pengaruh sertifikat halal sebesar 41.3% dan sisanya 58.7% dapat dijelaskan dengan variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Makanan Halal, Peningkatan Pendapatan, Uji Regresi Linear Sederhana
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: FAKULTAS EKONOMI > AKUNTANSI
Depositing User: Unnamed user with email admin@umi.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:28
Last Modified: 26 Jun 2023 07:28
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/2835

Actions (login required)

View Item View Item