Rosada, Ida (2020) STRATEGI PEMASARAN CENGKEH (SYZYGIUM AROMATICUM) DI DESA LANGDA KECAMATAN BUNTU BATU, KABUPATEN ENREKANG. Jurnal AGROSAINS dan TEKNOLOGI i, 5 (1). pp. 45-54. ISSN 2581-3021
Text
8096-20372-1-PB.pdf Download (313kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Langda Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang pada bulan Maret sampai April 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pemasaran cengkeh serta menentukan strategi pemasaran cengkeh yang memungkinkan untuk diterapkan dalam pemasaran cengkeh petani Desa Langda Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Metode yang digunakan adalah analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman kegiatan usahatani budidaya cengkeh. Berdasarkan analisis faktor internal ditemukan bahwa kekuatan memliki skor 2.03 lebih tinggi dibandingkan kelemahan yang hanya memiliki skor 0.51, sedangkan pada faktor eksternal peluang memiliki skor 1.89 lebih tinggi dari ancaman yang hanya memiliki skor 0.58. Posisi internal cukup kuat dalam memanfaatkan kekuatan untuk mengatasi kelemahan. Strategi SO merupakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dalam peningkatan produksi guna mendapatkan keuntungan yang optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@umi.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 05:52 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 05:52 |
URI: | http://repository.umi.ac.id/id/eprint/2978 |
Actions (login required)
View Item |