Hafram, St Maryam (2017) ANALISIS PERSEPSI PEMILIHAN RUTE DAN MODEL BANGKITAN PERGERAKAN PADA RUAS JALAN LINGKAR KABUPATEN SIDRAP. UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology, 1 (1). pp. 1-8. ISSN 2798-6500
Text
1.+fadly.pdf Download (485kB) |
Abstract
Pembangunan jalan tersebut di dasari oleh kebutuhan masyarakat akan transportasi yang mudah dan cepat serta untuk meningkatkan perekonomian bagi masyarakat yang berada di sekitar ruas jalan Lingkar Sidrap. Saat ini pembangunan ruas jalan Lingkar Sidrap hampir rampung, peneliti mencoba melihat dan menganalisa fenomena–fenomena yang terjadi di sekitar ruas jalan Lingkar Sidrap yaitu munculnya pelaku-pelaku usaha baru yang membuka usahanya di sekitar ruas jalan tersebut, baik usaha yang bergerak pada bidang jasa, hiburan, ataupun kuliner. Namun demikian jarak tempuh yang cukup jauh saat ini mengakibatkan waktu tempuh perjalanan dan biaya yang dibutuhkan cukup besar. Untuk itu direncanakan membangun jalur alternatif yang dapat memperpendek jarak dan mempersingkat waktu perjalanan pada ruas jalan nasional Kabupaten Sidrap. Oleh karena itu Penulis tertarik memilih topic dengan judul Analisis Persepsi Pemilihan Rute Dan Model Bangkitan Pergerakan Pada Ruas Jalan Lingkar Kabupaten Sidrap. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan analisis kuantitatif merupakan jenis studi kasus dengan survey dan observasi langsung di lapangan. Data-data yang telah diperoleh dari hasil survei dikumpulkan dan selanjutnya diolah agar dapat digunakan sebagai data masukan dalam proses analisa selanjutnya. Data yang diperoleh dari hasil survei masih dalam bentuk respon individu berupa pilihan terhadap poin rating yang disajikan dalam skala semantik. Untuk menganalisa data yang diperoleh maka penulis menggunakan analisa data deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil Penelitian Menunjukkan Dari 5 faktor yang mempengaruhi penggunaan jalan lingkar, terdapat 4 faktor yang sangat dominan yakni (kondisi fisik jalan, kondisi kecepatan kendaraan, kelancaran arus lalu lintas, dan penyediaan rambu jalan) berada dalam skala baik, 1 indikator (penerangan jalan) berada dalam skala cukup. Kelancaran Lalu Lintas sebagai alasan paling berpengaruh bagi pengemudi untuk menggunakan jalan Lingkar yakni sebesar 79.67%. Model bangkitan pergerakan yang diperoleh merupakan persamaan regresi dengan persamaan regresi Y= 1,840 + 0,005 X1 + 0,094X2 + 0,004X5, dengan koefisien korelasi 0.659. Rata-rata moda transportasi yang digunakan X5 3,30 dengan standar deviasi 1,449. Artinya moda transportasi yang digunakan kebanyakan becak motor dan sepeda motor, terutama untuk pengguna yang tinggal antara kode 1 (< dari 1 km) sampai kode 2 (1 – 2 km). Kata Kunci : Jalur Alternatif, Jalan Lingkar, Analisis Persepsi Pemilihan Rute, Model Bangkitan Pergerakan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK > Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@umi.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 01:10 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 01:10 |
URI: | http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3274 |
Actions (login required)
View Item |