ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN NASIONAL ( KASUS RUAS MAROS - PANGKEP )

Hafram, St Maryam (2019) ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN NASIONAL ( KASUS RUAS MAROS - PANGKEP ). UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology, 3 (2). pp. 121-129. ISSN 2798-6500

[img] Text
5.+ahyudin.pdf

Download (359kB)

Abstract

Terganggunya kelancaran lalu lintas ini disebabkan oleh aktifitas keluar masuknya kendaraan dari atau menuju Grand Mall Maros dan hambatan samping yang menyebabkan berkurangnya lebar efektif badan jalan, turunnya kinerja ruas jalan, konflik lalu lintas dan meningkatnya hambatan atau delay. Data yang diperlukan pada studi ini berupa : (a) Data primer yang diperoleh dari hasil survai langsung di lapangan. (b) Data sekunder yang diperoleh dari instansi pemerintah atau swasta. Dalam analisis kinerja ruas jalan menggunakan panduan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ruas jalan Poros Makassar Maros tepatnya di Km 23+000 dengan beroperasinya grand Mall Maros, diwaktu tertentu diperoleh nilai derajat kejenuhan 1,57 atau 157% dari kapasitas Jalan yang ada dan tidak memenuhi syarat derajat kejenuhan MKJI 1997 pada tingkat pelayanan F dimana sering terjadi kemacetan. Kata kunci: kinerja Jaringan Jalan, Derajat Kejenuhan, Kapasitas Jalan

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: FAKULTAS TEKNIK > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with email admin@umi.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:23
Last Modified: 20 Jul 2023 02:23
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3286

Actions (login required)

View Item View Item