NERACA SIRI’ NA PACCE DALAM KONTEKS SYARIAH:ANALISIS STUDI FENOMENOLOGI PADA AKUNTAN PENDIDIK DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Husain, Saddan (2018) NERACA SIRI’ NA PACCE DALAM KONTEKS SYARIAH:ANALISIS STUDI FENOMENOLOGI PADA AKUNTAN PENDIDIK DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. Masters thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
002404212016 Saddan Husain Full Text.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan merumuskan pendidikan akuntansi berbasis budaya Bugis-Makassar yang tergambar dalam falsafah Siri’ Na Pacce. Konteks ini juga dikaitkan dengan sentuhan nilai-nilai syariah sebagai khasanah amanah. Pengembangan pendidikan akuntansi saat ini masih didominasi oleh budaya barat sehingga kadang kala masih terjadi ketimpangan dalam mencetak generasi akuntan yang akuntabel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomonologi yang dikembangkan oleh Alfred Schutz. Alfred Scuhtz dalam menggali sebuah penelitian menggunakan tekhnik observasi secara langsung maupun tidak langsung. Kelengkapan literatur menjadi bagian tak terpisahkan dalam studi ini. Hasil penelitian menunjukkan falsafah nilai Siri’ Na Pacce menjadi penting untuk menggabung antara ilmu pengetahuan dan karakter generasi-generasi akuntan. Neraca Siri’ Na Pacce yang tergambar dalam neraca akuntansi menunjukkan pada sisi kiri nilai Siri’ pada Assetnya adalah knowledge, pada sisi kanan nilai pacce, posisi liabilitas dapat dijabarkan sebagai kewajiban dari seorang akuntan pendidik untuk melakukan transformasi ilmu pengetahuan itu sendiri. Pada posisi modal (ekuitas) dapat dijabarkan mahasiswa merupakan modal utama sebagai generasi penerus para akuntan. Hal ini akan menjadi kunci sukses akuntan yang ikut dalam kompetisi profesi pada pasar atau bursa tenaga kerja skala international

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Siri’ Na Pacce, Pendidikan, Akuntan Pendidik, Fenomonologi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: FAKULTAS EKONOMI > AKUNTANSI
Depositing User: Unnamed user with email admin@umi.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:36
Last Modified: 26 Nov 2020 06:36
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item