pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas pelanggan dan Customer Satisfaction sebagai variabel Intervening Pada Kilinik Kecantikan Ressty Aesthetic Clinic di Kota Makassar

Dahliah, Dahliah (2020) pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas pelanggan dan Customer Satisfaction sebagai variabel Intervening Pada Kilinik Kecantikan Ressty Aesthetic Clinic di Kota Makassar. Jurnal Sosio Sains, 6 (1). pp. 11-26. ISSN 2656-727X

[img] Text
2 similarity dahliah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 jurnal bu dahliah.pdf

Download (847kB)
[img] Text
2 peer revuiew Pengaruh_Dahliah.pdf

Download (915kB)

Abstract

Abstract: Penelitian ini dilakukan bertujuan 1) Untuk menganalisis Pengaruh langsung komunikasi dan kepercayaan terhadap Customer Satisfaction 2)Untuk menganalisis Pengaruh langsung kominikasi dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan 3) Untuk menganalisis Pengaruh tidak langsung komunikasi dan kepercayaan terhadap loyalitas melalui Customer Satisfaction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui kuesioner sebanyak 110 responden dengan populasi 152. Penelitian ini dilakukan dari bulan April 2021 sampai dengan bulan Juli 2021. Data dianalisis menggunakan program SPSS V. 25 dan Amos v 25. Hasil penelitianinimenunjukkan bahwa:(1) komunikasi berpengaruhpositif dan tidak signifikan terhadap kepuasan kerja. (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction (3) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. (4) komunikasi organisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas Pelanggan (5) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas (6) Komunkiasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui Customer Satisfaction (7) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui Customer Satisfaction. Abstrak: This research was conducted 1) To analyze the direct influence of communication and trust on Customer Satisfaction 2) To analyze the direct influence of cominikasi and trust on customer loyalty 3) To analyze the indirect influence of communication and trust on loyalty through Customer Satisfaction. This study used quantitative approach using primary data through questionnaires of 110 respondents with a population of 152. This research was conducted from April 2021 to July 2021. The data was analyzed using spss programs V. 25 and Amos v 25. The results of this study showed that: (1) communication has a positive and insignificant effect on job satisfaction. (2) Trust has a positive and significant effect on Customer Satisfaction (3) job satisfaction has a positive and significant effect on loyalty. (4) Organizational communication has a positive and insignificant effect on Customer loyalty (5) Trust positively and significantly affects loyalty (6) Communion positively and significantly affects loyalty through Customer Satisfaction (7) Trust positively and significantly affects loyalty through Customer Satisfaction

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: FAKULTAS EKONOMI > STUDI PEMBANGUNAN
Depositing User: Unnamed user with email admin@umi.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:54
Last Modified: 26 Jan 2022 00:51
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item View Item