Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Brownies Rumput Laut Di Makassar (Studi Kasus Pada PT. Jaringan Sumberdaya)

Elsa Fauziah Febryanti, Elsa (2023) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Brownies Rumput Laut Di Makassar (Studi Kasus Pada PT. Jaringan Sumberdaya). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (101kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (405kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Brownies merupakan salah satu jenis roti namun memiliki bentuk yang bantet dan terbuat dari coklat sehingga dinamakan brownis (kecoklatan) atau bisa disebut brownies. Bahan-bahan pembuatan brownies memang didominasi oleh bahan-bahan coklat, seperti coklat bubuk, kakao, coklat cair, coklat pasta dan susu coklat. Bahan baku pembuatan brownies ini bisa beraneka rupa salah satunya dari rumput laut yang memiliki banyak kandungan gizi. Seaweed atau rumput laut, secara ilmiah dikenal dengan istilah Algae atau ganggang. Rumput laut merupakan tumbuhan berklorofil dan digolongkan sebagai tanaman tingkat rendah yang tidak memiliki akar, batang maupun daun sejati, melainkan hanya menyerupai batang, yang disebut Thallus. Secara umum rumput laut tumbuh di perairan dangkal (Intertidal dan Sub Iitoral) dengan kondisi dasar perairan berpasir, sedikit berlumpur atau campuran keduanya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan karakteristik konsumen terhadap pembelian Brownies Rumput laut di PT. Jaringan Sumberdaya. (2) Mendeskripsikan perilaku konsumen terhadap pembelian Brownies Rumput laut (3) Menganalisis proses keputusan pembelian Rumput luat. (4) Menganalisis pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk Brownies Rumput laut. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Brownies dan jumlah populasi pada penelitian ini tidak diketahui jumlahnya. Pengambilan sampel berdasarkan pada Assindental Sampling, artinya kriteria pengambilan sampel adalah konsumen yang membeli Brownies rumput laut minimal 2 kali pembelian, berumur 17 tahun keatas dan bersedia untuk diwawancarai. Jumlah sampel konsumen yang dipilih yaitu 60 orang. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Karakteristik konsumen yang mendominasi jenis kelamin perempuan yang berjumlah 41 orang (68,7%) , Usia adalah 22-25 tahun yang berjumlah 29 orang (48,3%), Pendidikan adalah SMA sederajat yang berjumlah 41 orang (68,3%), Pekerjaan Mahasiswa yang berjumlah 39 orang (65%) dan pendapatan antara Rp1.000.000 – Rp2.300.000 berjumlah 50 orang (83,3%). (2) perilaku konsumen dipengaruhi oleh empat faktor yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologi cukup berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan kategori setuju (3) Keputusan pembelian produk Brownies Rumput laut di Kota Makassar melalui 5 tahapan yaitu identifikasi masalah (86,8%), pencarian informasi (85,5%), evaluasi alternatif (87,5%), keputusan pembelian (80,7%) dan perilaku pasca pembelian (85,5%) yang memiliki ketegori sangat setuju (4) Perilaku konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Brownies di Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Brownies Rumput Laut, Keputusan Pembelian
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS
Depositing User: operator 12
Date Deposited: 04 Aug 2023 00:04
Last Modified: 04 Aug 2023 00:04
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3574

Actions (login required)

View Item View Item