HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT IBNU SINA YW-UMI KOTA MAKASSAR TAHUN 2023

Suharni, Suharni (2023) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT IBNU SINA YW-UMI KOTA MAKASSAR TAHUN 2023. Masters thesis, fakultas Kesehatan masyarakat.

[img] Text
sampulsuharni.pdf

Download (503kB)
[img] Text
SAMPUL SKRIPSI (1).pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB V PEMABAHASAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

Banyak rumah sakit di Indonesia memberikan banyak pilihan bagi masyarakat. Hal ini menimbulkan persaingan antara rumah sakit semakin kuat. Rumah sakit merupakan pelayanan kesehatan yang ditawarkan kepada masyarakat karena beragamnya kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan, baik dari produk maupun pelayanan yang diperlukan untuk mencapai hasil terbaik. Rumah sakit bertujuan untuk menarik pasien memanfaatkan pelayanan kesehatan yang diberikan dengan menggunakan bauran pemasaran. Pemasaran yaitu kegiatan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan serta keinginan orang melalui proses pertukaran. Rancangan pemasaran sangat penting dan diketahui oleh banyak orang secara luas yaitu bauran pemasaran. Pada tahun 2019–2022, jumlah pasien umum di instalasi rawat inap Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Kota Makassar mengalami fluktuatif. Pada tahun 2019, jumlah pasien rawat inap mencapai 2.222 pasien, tetapi kemudian turun menjadi 1.130 pasien pada tahun 2020, 775 pasien pada tahun 2021, dan meningkat kembali menjadi 933 pasien pada tahun 2022. Studi ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara bauran pemasaran dan pemanfaatan ulang pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Kota Makassar pada tahun 2023. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan cross-sectional study. Sampel yang digunakan adalah 78. Menggunakan teknik analisis data yang melibatkan analisis univariate dan bivariate melalui penggunaan uji kolerasi Chi-Square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara Price (p=1,000), Process (p=0,391), People (p=0,189), Physical Evidence (p=1,000) dengan pemanfaatan ulang pelayanan rawat inap. Sebaiknya, ada hubungan antara Product (p=0,007), Place (p=0,031), Promotion (p=0,045) dengan pemanfaatan ulang pelayanan rawat inap. Adapun saran untuk rumah sakit ibnu sina YW-UMI Kota Makassar menyarankan price, process, people dan physicel evidence perlu dipertahankan untuk menarik perhatian pasien dalam menggunakan layanan kesehatan. Product, Place dan Promotion perlu ditingkatkan untuk memaksimalkan layanan kesehatan yang disediakan rumah sakit

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Pemanfaatan Ulang, Rawat Inap
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT > KESMAS
Depositing User: operator 8
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:36
Last Modified: 05 Sep 2023 02:36
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3877

Actions (login required)

View Item View Item