HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023

Busaeri, Ainul Marwa (2023) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2023. Masters thesis, fakultas Kesehatan masyarakat.

[img] Text
Sampul Skripsi.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Tim Penguji.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Ringkasan.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (390kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB)

Abstract

Banyaknya rumah sakit di Indonesia memberikan banyak pilihan bagi masyarakat. Hal ini menimbulkan persaingan antar rumah sakit semakin kuat. Oleh sebab itu rumah sakit harus memahami kebutuhan serta keinginan klien dalam pemilihan produk yang tepat untuk ditawarkan agar klien merasa tertarik untuk berobat di rumah sakit tersebut. Tentunya hal ini dapat mempengaruhi tingkat kunjungan pasien. Salah satu system yang dapat dilakukan rumah sakit yaitu membangkitkan ketertarikan konsumen tentang produk dan jasa kesehatan dengan melakukan pemasaran. Pemasaran merupakan aktivitas manusia yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan serta keinginan orang melalui proses pertukaran. Rancangan pemasaran yang sangat diketahui serta berkembang secara luas yaitu bauran pemasaran. Jumlah pasien rawat jalan RSUD Labuang Baji Makassar meningkat dari tahun 2020 ke tahun 2022 yaitu jumlah kunjungan tahun 2020 sebanyak 54.835 pasien, tahun 2021 meningkat menjadi 69.155 pasien dan tahun 2022 meningkat menjadi 88.078 pasien. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan RSUD Labuang Baji Makassar Tahun 2023. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan Cross Sectional Study. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 84 sampel. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Teknik analisis data melibatkan analisis Univariat dan Bivariat melalui uji Chi-Square. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa ada hubungan product, price, promotion, place, process, dan physical evidence dengan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan RSUD Labuang Baji Makassar. Tidak ada hubungan people dengan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan RSUD Labuang Baji Makassar.   Adapun saran untuk RSUD Labuang Baji Makassar yaitu meningkatkan kedisiplinan tenaga kesehatan sehingga pasien tidak terlalu lama untuk menunggu ketika akan diberikan pelayanan kesehatan, baik pelayanan pemeriksaan maupun pelayanan pengambilan obat, serta menambah kursi tunggu agar tidak ada lagi pasien yang berdiri sambil menunggu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Kunjungan Ulang, Rawat Jalan, Rumah Sakit
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT > KESMAS
Depositing User: operator 8
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:02
Last Modified: 07 Sep 2023 08:02
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4045

Actions (login required)

View Item View Item