PENGARUH PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN MOTORIK HALUS PADA ANAK DI SD NEGERI PAMPANG KOTA MAKASSAR

SARI, ANNISAH MILAN (2023) PENGARUH PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN MOTORIK HALUS PADA ANAK DI SD NEGERI PAMPANG KOTA MAKASSAR. Masters thesis, FKM Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI ANNISA MILAN SARI 14220190019-sampul.pdf

Download (115kB)
[img] Text
SKRIPSI ANNISA MILAN SARI 14220190019-daftarisi.pdf

Download (406kB)
[img] Text
AnnisahmilanSari1420190019PengesahanNew.pdf

Download (934kB)
[img] Text
SKRIPSI ANNISA MILAN SARI 14220190019-abstrak.pdf

Download (453kB)
[img] Text
SKRIPSI ANNISA MILAN SARI 14220190019-Bab1.pdf

Download (540kB)
[img] Text
SKRIPSI ANNISA MILAN SARI 14220190019-bab5.pdf

Download (657kB)
[img] Text
SKRIPSI ANNISA MILAN SARI 14220190019Dapus.pdf

Download (463kB)

Abstract

Pendidikan Taman kanak-Kanak merupakan lembaga yang menyelangaragunakan pendidikan formal bagi anak-anak yang berumur 0-6 tahun sebelum memasuki sekolah dasar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan taman kanak-kanak tehadap perkembangan kognitif dan motorik halus pada anak. Penelitian ini mengunaan metode kuantitatif yang menggunakan metode penelitian croos sectionl study degan pendekatan uji ci Square Hasil statistik penelitian Didapatkan hasil kognitif baik yang mengikuti pendidikan TK 41 (97,6%) dan kurang 1 (2,4%) anak yang tidak mengikuti pendidikan TK yang memiliki perkembangan kognitif baik 4 (22,2) kurang 14 (77,8%) hasil statistik penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan TK terhadap perkambangan kognitif þ Value =0,000 < α =0,05 yang artinya Ha diterima. Hasil perkembangan motorik halus yang tidak mengikuti TK kategori baik 39 (93,9%) dan yang memiliki perkembangan motorik halus kurang 3 (7,1%) anak yang tidak memgikuti pendidikan TK dalam kategori motorik halus baik 9 (50%) dan yang dalam kategori kurang 9 (50%) hasil Statistik pengaruh pendidikan TK terhadap perkembangan motorik halus þ Value =0,000 < α =0,05 yang artinya Ha diterima.. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan bermakna pendidikan TK. Diperlukan penelitian selanjutnya lebih memperbanyak variabel, sampel yang seimbang dan metode lain sehingga dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan dan hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh pendidikan Tk, Perkembangan kognitif, perkembangan motorik halus.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT > ILMU KEPERAWATAN
Depositing User: operator 8
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:32
Last Modified: 14 Sep 2023 03:32
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4238

Actions (login required)

View Item View Item