Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Pada Pembelian Beras Premium di Pasar Tradisional dan Pasar Modern (Studi Kasus di Kelurahan Paropo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan)

Ibnu Munzir Nurdin, Ibnu Munzir Nurdin (2024) Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Pada Pembelian Beras Premium di Pasar Tradisional dan Pasar Modern (Studi Kasus di Kelurahan Paropo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (251kB)
[img] Text
sampul.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Hasil pembahasan.pdf

Download (628kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (317kB)

Abstract

Beras sebagai makanan pokok utama tersedia di seluruh pasar baik pasar modern, pasar tradisional, swalayan, dan kios beras. Persebaran tempat pembelian beras ini dikarenakan hampir setiap lapisan masyarakat membutuhkan beras. Pasar modern dan pasar tradisional keduanya menjadi sasaran pemasaran beras ada banyak aneka ragam pilihan merek dan jenis beras premium dipasar modern dan pasar tradisonal. Penelitian ini memiliki tujuan (1) Mendeskripsikan karakteristik konsumen yang membeli beras premium dipasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar (2) Menganalisis jumlah pembelian beras premium oleh konsumen dipasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar (3) Mendeskripsikan tingkat kepuasan konsumen dalam membeli beras premium di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar (4) Menganalisis faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam pembelian beras di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada konsumen beras premium di Kelurahan Paropo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang dilakukan pada bulan Juli s.d Agustus 2023. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive random sampling) berjumlah 100 responden yang terdiri dari 50 responden pasar tradisional dan 50 responden pasar modern. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil dari rekapitulasi karakteristik konsumen yang membeli beras premium di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar ialah umur 31 tahun, pekerjaan karyawan dan Pendidikan S1 (2) Hasil dari rekapitulasi frekuensi pembelian konsumen yang membeli beras premium di pasar tradisional dan pasar modern di kota Makassar ialah maksimum >5 kali pembelian dan minimum 1-2 kali pembelian sehingga rata-rata pembelian yang dilakukan konsumen ialah 1-2 kali pembelian beras premium (3) Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat kepuasan konsumen dengan 3 indikator maka dapat disimpulkan bahwa responden sangat puas dalam membeli beras premium baik di pasar tradisional maupun pasar modern. (4) Secara Bersama variabel harga, kualitas produk, pelayanan dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan konsumen, Beras Premium, Pasar Tradisional, Pasar Modern
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS
Depositing User: operator 12
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:48
Last Modified: 30 Jan 2024 07:48
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/5484

Actions (login required)

View Item View Item