STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN KEBERLANJUTAN USAHA (Studi Kasus Pada Pasar Tradisional Sabho Karya Alam di Kab.Buton)

Lestari, Siti Rahmawati (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN KEBERLANJUTAN USAHA (Studi Kasus Pada Pasar Tradisional Sabho Karya Alam di Kab.Buton). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia Makassar.

[img] Text
Cover.pdf

Download (888kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (569kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami, menganalisis dan mengetahui strategi pengembangan yang tepat agar bisa diterapkan di pasar tradisional dalampeningkatan pendapatan dan keberlanjutan usaha para pedagang pada pasartradisional Sabho Karya Alam di Kabupaten Buton. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan ini peneliti menganggap bahwa terdapat keterkaitan antara permasalahan yang dibahas dengan tujuan yang ingin dicapai. Metode penelitian menggunakan analisis SWOT (Strenght- Weaknesses-Opportunities-Threats). Hasil penelitian berdasarkan analisis SWOT (Strenght-Weaknesses- Opportunities-Threats) menunjukkan bahwa Pasar Sabho Karya Alam memiliki kekuatan yang lebih signifikan daripada kelemahan. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha agar usaha yang dijalankan dapat terus meningkat dan berkembang. Strategi yang paling tepat yang bisa diimplementasikan oleh Pasar Sabho Karya Alam adalah strategi SO (Strengths-Opportunities), karena strategi ini bisa menggunakan kekuatan yang ada pada Pasar Sabho Karya Alam untuk memanfaatkan peluang yang ada yaitu dengan memanfaatkan komunikasi yang efektif dengan pedagang untuk memanfaatkan daya beli konsumen, mengoptimalkan lokasi pasar yang strategis, meningkatkan pelayanan yang ramah dengan memanfaatkan kebiasaan berbelanja dengan sistem tawar-menawar, dan memanfaatkan riset konsumen untuk merepon keluhan serta memanfaatkan bantuan pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Keberlanjutan Usaha, Pasar Tradisional, dan Analisis SWOT.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: FAKULTAS EKONOMI > AKUNTANSI
Depositing User: operator 6
Date Deposited: 07 Mar 2024 05:59
Last Modified: 07 Mar 2024 05:59
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/5820

Actions (login required)

View Item View Item