Pengaruh Karakter Wirausaha dan Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan UMKM Coffee Shop di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.

Muh. Zainal, Muh. Zainal (2024) Pengaruh Karakter Wirausaha dan Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan UMKM Coffee Shop di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
I. SAMPUL.pdf

Download (161kB)
[img] Text
II.HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
III. ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
IV.DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
V. PENDAHULUAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
VI. HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (572kB)
[img] Text
VII. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

Sejarah perkembangan kopi di Indonesia dimulai sejak abad ke 16. Saat itu Indonesia masih dalam kekuasaan penjajah Belanda. Pada tahun 1696, India mengirimkan bibit kopi Yemen atau Arabica kepada gubernur Belanda yang berkuasa di Indonesia untuk dikembangkan di Indonesia khususnya di Batavia. Kopi menjadi minuman yang terkenal di seluruh dunia. Dari sinilah muncul istilah kafe yang mengacu kepada kedai kopi/Cafe/Coffee shop. Istilah kata cafe berasal dari bahasa Perancis yang berarti kopi. Pengertian Coffee Shop sendiri adalah suatu tempat yang identik dengan meja-meja dan kursi yang tertata rapi dan juga sofa yang nyaman, menjual aneka varian kopi dan makanan kecil sebagai penunjang disertai alunan musik dan suasana nyaman yang dapat dirasakan oleh konsumen.Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Coffee Shop menjadi suatu yang harus dikembangkan serta ditingkatkan setiap tahunnya sejalan dengan perkembangan perekonomian yang mengalami kenaikan dan penurunan dalam beberapa tahun ke terakhir. Perkembangan Coffee Shop dipengaruhi oleh karakterisitik wirausaha dan strategi pemasaran. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan karakter wirausaha UMKM Coffee Shop di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, (2) Mendeskripsikan strategi pemasaran yang diterapkan UMKM Coffee Shop, (3) Menganalisis perkembangan UMKM Coffee Shop, dan (4) Menganalisis pengaruh karakter wirausaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha UMKM Coffee Shop. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Coffee Shop di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Penentuan jumlah sampel dengan motode sensus dan dilaksanakan wawancara secara langsung dengan responden sebanyak 32 owner UMKM Coffee Shop.Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linear berganda. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menjawab tujuan ke 1, 2 dan 3 analisis linear berganda digunakan untuk menjawab tujuan yang 4 yaitu untuk mengetahui pengaruh karakter wirausaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM Coffee Shop di Kelurahan Biringere, kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Karakter Wirausaha UMKM Coffe Shop di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai termasuk dalam kategori percaya diri dalam menjalankan usaha, berani mengambil risiko, memiliki komitmen untuk mencapai tujuan berwirausaha, memiliki etos kerja yang sangat kuat terhadap aktivitas berwirausha dan sangat mandiri dalam mengambil keputusan dalam menjalankan usaha Coffee Shop-nya. (2) Strategi pemasaran secara signifikan dapat meningkatkan perkembangan UMKM di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai memiliki kualitas produk yang sangat berkualitas, harga yang terjangkau namun sesuai dengan kualitasnya, promosi yang di lakukan sangat baik secara Offline maupun Online (Media sosial) dan pemilihan tempat pada umumnya sangat strategis. (3) Perkembangan usaha UMKM Coffee Shop di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai mengalami peningkatan modal usaha rata-rata 30% - 59%, peningkatan omset penjualan rata-rata 0% - 29%, peningkatan keuntungan usaha rata-rata 0% - 29% dan peningkatan jumlah tenaga kerja rata-rata 0% - 29% sejak awal usaha sampai saat penelitian.(4) Karakteristik Wirausaha dan Strategi Pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Perkembangan Usaha UMKM Coffee Shop di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Karakter Wirausaha, Strategi Pemasaran, UMKM, Coffee Shop
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS
Depositing User: operator 12
Date Deposited: 23 Jul 2024 05:23
Last Modified: 23 Jul 2024 05:23
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/6601

Actions (login required)

View Item View Item