Preferensi dan Kepuasan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Beras Kemasandi Kota Makassar (Studi Kasus Pada Pasar Tradisional di Kota Makassar).

Muh. Ichsan Ahmad, Muh. Ichsan Ahmad (2025) Preferensi dan Kepuasan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Beras Kemasandi Kota Makassar (Studi Kasus Pada Pasar Tradisional di Kota Makassar). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (24kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
3. RINGKASAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
5. PENDAHULUAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
6. HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf

Download (982kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Setiap konsumen memiliki preferensi yang berbeda dari orang lain dalam menentukan pilihan beras kemasan yang akan dibelinya, banyaknya pilihan beras yang tersedia di pasaran dan dikombinasikan dengan begitu banyak macam atribut yang dapat mempengaruhi keputusan dari konsumen dalam melakukan pembelian beras kemasan. Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen beras kemasan, (2) menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut beras kemasan, (3) menganlisis pengambilan keputusan dalam pembelian beras kemasan, (4) menganalisis pengaruh preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian beras kemasan dan (5) menganalisis tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan pada pasar tradisional yang ada di Kota Makassar seperti Pasar Daya, Pasar Terong dan Pasar Pabaeng-baeng. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria berusia 17 tahun ke atas dan bersedia diwawancarai, adapun teknik yang digunakan dalam penarikan sampel menggunakan rumus Lemeshow sebanyak 100 sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif, CSI dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) karakteristik konsumen beras kemasan pada pasar tradisional di Kota Makasaar adalah berusia rata-rata 33 tahun, mayoritas berjenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan terakhir rata-rata SMA, rata-rata tanggungan keluarga 3 orang per responden dengan rata-rata pendapatan Rp.3.836.590/bulan. Kebutuhan akan beras di setiap bulannya rata-rata sebesar 21,55 kg, adapun rata-rata harga beli beras sebesar Rp.15.241 per kg. (2) Preferensi konsumen dalam membeli beras kemasan adalah dengan tipe beras yang memiliki warna putih bening, harga pada rentan Rp.14.000-Rp.15.000/kg, beras yang beraroma, tingkat kebersihan bersih dari bulir gabah, bulir patah dan benda asing, pulen, dayat tahan tidak mudah lapuk, tidak mudah berkutu dan tidak mudah berbau, ukuran > 10 kg, tercantumnya informasi kualitas beras pada kemasan dan lokasi yang terletak di sekitar pasar. (3) Keputusan pembelian konsumen dengan aspek evaluasi pasca pemebelian dengan kategori berpengaruh sedangankan untuk aspek mengenal kebutuhan, aspek pembelian, aspek evaluasi alternatif dan aspek mencari informasi dengan masing-masing keterangan cukup berpengaruh. (4) Berdasarkan hasil model regresi didapatkan bahwa variabel preferensi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian beras kemasan di pasar teradisional hanya variabel aroma, variabel warna, variabel kebersihan dan variabel lokasi. Adapun untuk variabel rasa, variabel daya tahan, variabel ukuran, variabel harga dan variabel informasi nutrisi merupakan variabel preferensi yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian beras kemasan pada pasar tradisioanal di Kota Makassar. (5) Adapun pada tingkat kepuasan konsumen diperoleh nilai sebesar 71,76% dengan kategori puas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Beras, Preferensi, Kepuasan dan Keputusan Pembelian
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS
Depositing User: operator 12
Date Deposited: 20 Feb 2025 01:50
Last Modified: 20 Feb 2025 01:50
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/7194

Actions (login required)

View Item View Item