Idma Amaliah Usman, Idma (2023) Pengaruh Kreativitas Iklan, Brand Awareness dan Gaya Hidup terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Browcyl di Kota Makassar (Studi Kasus pada Media Sosial Instagram Produk Browcyl). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.
Text
SAMPUL.pdf Download (30kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (488kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (168kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (381kB) |
|
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
Abstract
Browcyl merupakan salah satu kuliner dan oleh-oleh khas kota Makassar berupa brownies yang terbuat dari campuran buah pisang dengan berbagai macam varian rasa. Proses promosi yang dilakukan oleh Browcyl dalam mengenalkan produknya kepada konsumen adalah dengan memanfaatkan media sosial Instagram, yaitu dengan mengunggah iklan dalam bentuk postingan/video kreatif. Browcyl juga merupakan merek yang telah dikenal masyarakat di Kota Makassar, karena merupakan salah satu brownies yang memiliki ciri khas dengan campuran buah pisang. Kebiasan belanja masyarakat sangat berkorelasi dengan perkembangan zaman saat ini, terlihat dari maraknya kecenderungan masyarakat mengeluarkan uang untuk kebutuhan/keinginannya yang didapatkan secara lebih cepat salah satunya dengan membeli produk yang langsung dikonsumsi. Kebiasaan tersebut merupakan bagian dari gaya hidup. Minat beli adalah manifestasi dari perilaku konsumen sebagai reaksi terhadap barang, yang menandakan niat konsumen untuk melakukan pembelian. Singkatnya, keinginan konsumen didefinisikan sebagai minat dalam melakukan pembelian. Oleh karena itu, kreativitas iklan, brand awareness dan gaya hidup merupakan variabel yang akan diteliti terhadap pengaruhnya pada minat beli. Tujuan dari penelitian ini ada empat, yaitu : (1) mendeskripsikan jenis dan harga produk Browcyl; (2) mendeskripsikan kreativitas iklan dan brand awareness di media sosial Instagram produk Browcyl; (3) menganalisis kreativitas iklan, brand awareness dan gaya hidup terhadap tingkat minat beli konsumen pada produk Browcyl; (4) menganalisis pengaruh kreativitas iklan, brand awareness dan gaya hidup di media sosial Instagram terhadap minat beli konsumen pada produk Browcyl. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2023 di Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh followers Instagram Browcyl dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis produk yang tersedia di Browcyl dibedakan dengan berbagai jenis varian diantaranya browcyl fudgy, unti original, unti pandan, unti cokelat, unti keju, cheese delicate, unti choco almond, unti cheese cream, unti fla cokelat, unti tiramisu, unti pandan keju, unti bluchoco, vii unti blucheese, unti bondan, matcha melty, cheese melty, dan choco melty. Harga Browcyl berkisar antara Rp.33.000 – Rp.99.000. Kreativitas iklan di media sosial Instagram Browcyl yang membedakan dengan iklan lain adalah iklan dengan konten yang di dalamnya selalu terdapat kata “Manis”, sesuai dengan tagline dan jingle Browcyl. Iklan Browcyl yang menarik disaksikan dapat dibuktikan dengan melihat pada viewers pada iklan di media sosial tersebut telah mencapai puluhan ribu bahkan ratusan ribu dan like serta komentar pada iklan. Iklan di media sosial Instagram Browcyl juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh penontonnya serta memberikan informasi pesan iklan dengan baik, seperti kata-kata yang terdapat di dalam iklan atau caption yang ada pada feed di sosial media Instagram Browcyl. Kesadaran merek yang dibangun di media sosial Instagram Browcyl adalah logo berwarna kuning dengan gambar pisang pada profil Instagram Browcyl. Selain logo, Brand awareness yang diterapkan di media sosial Instagram Browcyl adalah warna dan jingle. Tingkat kreativitas iklan, brand awareness dan gaya hidup terhadap minat beli konsumen berada pada kategori tinggi dengan nilai 6.485. Kreativitas iklan, brand awareness dan gaya hidup di media sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk Browcyl di Kota Makassar dengan nilai signifikan/p value <0,05
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Iklan, Brand Awareness, Gaya Hidup, Minat Beli, Instagram. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS |
Depositing User: | operator 12 |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 06:31 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 06:31 |
URI: | http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3594 |
Actions (login required)
View Item |