Dwi Rezkhy Adiputra, Rezkhy (2023) Komparasi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Minuman Kopi secara Offline dan Online di Kota Makassar (Studi Kasus pada Coffee Shop “JJ” di BTP Kec. Tamalanrea). Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.
Text
SAMPUL.pdf Download (146kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (160kB) |
|
Text
RINGKASAN.pdf Download (214kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (237kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (343kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (643kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
Abstract
Sulawesi Selatan memiliki potensi dalam pengembangan kopi di Kawasan Indonesia Timur. Penyajian kopi di Kota Makassar banyak dilakukan pada kedai kopi atau biasa juga disebut Coffee Shop yang sering dicari oleh banyak kalangan masyarakat terutama kalangan anak muda atau milineal. Kemunculan Coffee Shop yang sukses membuat pelaku usaha banyak yang terinpirasi dan mulai mngembangkan usaha Coffee Shop. Tujuan Penelitian ini 1) Mengetahui jenis produk, harga dan jumlah pembelian. 2) Mengatahui sistim pemasaran secara Offline dan Online. 3) Menganalisis tingkat perilaku konsumen dalam minuman kopi secara secara offline dan online. 4) Menganalisis komparasi perilaku konsumen dalam pembelian minuman kopi secara offline dan online. Analisis data yang digunakan pada pnelitian ini adalah analisis kuantitatif dan analisis Mann whitney U-test dengan menggunakan metode Skala Likert yang diambil melalui responden sebagai alat ukur.Populasi dan sampel pada penelitian sebanyak 60 responden. Hasil Penelitian ini 1) Coffee Shop “JJ” memiliki beberapa varian minuman kopi yang ditawarkan yaitu, Kopi Susu, Double Shaken Senja, Americano, Latte, Vanilla Latte, Pandan Latte, Caramel Latte, Hezelnut latte, Caramel Macchiato. Rata-rata harga minuman Coffee Shop “JJ” sebesar Rp 26.000,-. Rata-rata penjualan Offline sebesar 34 cup/bulan dan penjualan Online sebesar 82 cup/bulan. 2) Sistim pemasaran Offline yang dilakukan Coffee Shop “JJ” pada umumnya memajang banner promosi produk, promo harga, paket produk di pintu masuk atau bagian pemesanan. Sedangkan sistim pemasaran Online menggunakan social media, Gofood, Grabfood, serta aplikasi yang di kembangkan Coffee Shop “JJ”. 3) Perilaku konsumen Coffee Shop “JJ” dalam pembelian minuman kopi secara Offline berada pada kategori Cukup Baik dengan total skor 946 dan pembelian minuman kopi secara Online pada kategori Cukup Baik dengan total skor 1.097. 4) Analisis statistik Uji Mann Whitney U- Test menunjukkan Mean Rank pada pembelian secara Offline sebesar 17,75 lebih rendah dari pembelian secara Online sebesar 43,25. Hal ini menunjukkan nilai rata-rata peringkat pemebelian secara Offline lebih rendah dari pada nilai peringkat pembelian secara Online Secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan pada perilaku konsumen dalam pembelian minuman kopi secara Offline dan Online.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perilaku konsumen, coffee shop, pemasaran offline, pemasaran online, man- whitney |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS |
Depositing User: | operator 12 |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 23:59 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 23:59 |
URI: | http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3710 |
Actions (login required)
View Item |