Analisis Produksi Dan Strategi Pemasaran Komoditas Kopi di Bantaeng (Studi Kasus IKM Koperasi Akar Tani, Sentra Pengolahan Kopi) Kecamatan Tompobulu.

Rismawati. K, Risma (2023) Analisis Produksi Dan Strategi Pemasaran Komoditas Kopi di Bantaeng (Studi Kasus IKM Koperasi Akar Tani, Sentra Pengolahan Kopi) Kecamatan Tompobulu. Other thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (128kB)
[img] Text
PENGESAHAN KOMISI PEMBIMBING.pdf

Download (297kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

Perkembangan dunia pemasaran hari demi hari semakin maju dan modern saat ini membuat kebutuhan dan keinginan masyarakat semakin beraneka ragam atau bermacam-macam demi mencukupi kebutuhan sehari-hari, sehingga memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat yang menjadi lebih efektif dan efisien serta lebih ekonomis. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan besar produksi kopi di IKM koperasi akar tani. (2) Menganalisis besar volume penjualan kopi di IKM koperasi akar tani. (3) Menganalisis pendapatan di IKM koperasi akar tani. (4) Menganalisis strategi pemasaran kopi yang digunakan di IKM koperasi akar tani Penelitian ini dilakukan di IKM Koperasi Akar Tani, Sentra Pengolahan Kopi Banyorang Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng pada bulan Mei- Juli 2023. Informan penelitian ini adalah tenaga kerja IKM Koperasi Akar Tani yang jumlahnya sebanyak 7 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis pendapatan dan analisis strategi pemasaran (marketing mix). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) besar Produksi dan produk kopi arabika dan kopi robusta IKM Koperasi Akar Tani sebanyak 545 Kg dan kopi robusta sebanyak 320 Kg perbulan. (2) volume penjualan produk kopi arabika dan kopi robusta IKM Koperasi Akar Tani sebanyak 545 Kg dan kopi robusta sebanyak 320 Kg perbulan. (3) Penerimaan yang didapatkan oleh IKM Koperasi Akar Tani perbulannya yaitu sebesar Rp. 56.050.000 dan pendapatan perbulannya yaitu sebesar Rp. 28.248.645. (4) Strategi pemasaran yang dilakukan IKM Koperasi Akar Tani terdiri dari 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi). Jenis Produk kopi yang ditawarkan IKM Koperasi Akar Tani yaitu jenis kopi arabika dan kopi robusta yang terdiri dari premium grade 1, asalan, Roasted beans/bubuk arabika G1 dan green beans. Harga produk yang bervariasi, mulai dari harga Rp. 27.000 hingga Rp. 160.000. IKM Koperasi Akar Tani berlokasi di Kelurahan Banyorang, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk kopi IKM Koperasi Akar Tani. Promosi yang dilakukan yaitu dipasarkan disentra pengolahan kopi Banyorang dan di pasarkan melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kopi, Produksi, Strategi Pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: FAKULTAS PERTANIAN > AGROBISNIS
Depositing User: operator 12
Date Deposited: 10 Aug 2023 00:07
Last Modified: 10 Aug 2023 00:07
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/3745

Actions (login required)

View Item View Item