Rahmawati, Rahmawati (2023) GAMBARAN MEDIA PROMOSI KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HAJI MAKASSAR TAHUN 2023. Masters thesis, fakultas Kesehatan masyarakat.
Text
COVER.pdf Download (168kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (409kB) |
|
Text
Rahmawatidaftarisi.pdf Download (346kB) |
|
Text
Rahmawatiringkasan.pdf Download (240kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (270kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (641kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (346kB) |
Abstract
Promosi kesehatan merupakan salah satu upaya menyampaikan pesan kesehatan untuk mempengaruhi orang lain agar mampu meningkatkan derajat kesehatannya. Agar pesan kesehatan dapat diterima oleh masyarakat, maka perlu didukung dengan pemilihan media yang sesuai. Rumah sakit diharapkan dapat berkomitmen untuk menyelenggarakan promosi kesehatan yang terintegrasi dan berkesinambungan serta diharapkan promosi kesehatan dapat sebagai penggerak dalam melaksanakan reorientasi pelayanan kesehatan. Melalui Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) para pelaksana dapat mengembangkan pengertian dan pengetahuan para pengunjung yang sehat, serta pasien dan keluarga pasien tentang upaya pencegahan dan pengobatan suatu penyakit. Media promosi kesehatan merupakan semua sarana atau upaya untuk menampilkan pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh komunikator. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti rumah sakit umum daerah haji makassar memiliki program dan unit promosi kesehatan yang terkoordinir, namun peneliti melihat poster yang berisi pesanpesan kesehatan belum banyak terpasang di lingkungan rumah sakit. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran media promosi kesehatan di RSUD Haji Makassar tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah tim PKRS dan pengunjung rumah sakit. Teknik mengumpulkan data menggunakan panduan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan trigulasi yaitu trigulasi sumber, trigulasi teknik dan trugulasi waktu. Dari hasil penelitian diperoleh hasil perencaaan dalam pembuatan media yaitu menentukan materi terkait dengan 10 penyakit tertinggi di rumah sakit kemudian implementasi media promosi kesehatan yang digunakan rumah sakit umum daerah haji dapat dikategorikan sebagai : 1) Media cetak media cetak seperti leaflet, brosur, poster dan spanduk, 2) Media digital seperti facebook, Instagram dan youtube, 3) Media elektronik rumah sakit juga dapat digunakan adalah audio dan video yang dapat menjangkau ruang-ruang di yang dapat dikunjungi pasien dan evaluasi untuk mengukur keberhasilan dalam pelaksanaan media di rumah sakit, sehingga dapat menggambarkan media promosi kesehatan di rumah sakit umum daerah haji makassar tahun 2023. Di harapkan pada peneliti selanjutnya sebaiknya meneliti variabel lain agar dapat menunjukkan bagaimana gambaran media di sebuah rumah sakit.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :Media, PKRS, perencanaan, implementasi dan evaluasi. |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT > KESMAS |
Depositing User: | operator 8 |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 00:49 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 00:49 |
URI: | http://repository.umi.ac.id/id/eprint/4457 |
Actions (login required)
View Item |