HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN PERAWAT DALAM PEMASANGAN INFUS TERHADAP KEPUASAN DAN LAMA RAWAT PASIEN DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UTAMA IBNU SINA UMI MAKASSAR

Amelya, Nelly (2024) HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN PERAWAT DALAM PEMASANGAN INFUS TERHADAP KEPUASAN DAN LAMA RAWAT PASIEN DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UTAMA IBNU SINA UMI MAKASSAR. Masters thesis, FKM Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
sampul.pdf

Download (37kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (105kB)
[img] Text
daftarisi.pdf

Download (19kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (106kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (74kB)
[img] Text
bab5.pdf

Download (147kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (124kB)

Abstract

Kualitas layanan merupakan suatu kemampuan dalam pelayanan yang diberikan untuk memenuhi harapan sehingga dapat memberikan rasa kepuasan dan mempercepat kesembuhan bagi pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas layanan perawat yang terdiri dari dimensi bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy) dalam pemasangan infus terhadap kepuasan dan lama rawat pasien di Rumah Sakit Pendidikan Utama Ibnu Sina UMI Makassar. Desain penelitian ini merupakan peneitian kuantitatif dengan desain pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 49 responden. Analisis data menggunakan statistik uji chi-square dengan tingkat kemaknaan α<0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kualitas layanan perawat dalam pemasangan infus terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Pendidikan Utama Ibnu Sina UMI Makassar dengan Uji nilai bukti fisik (p=0,008), keandalan (p=0,027), daya tanggap (p=0,029), jaminan (p=0,026) dan empati (p=0,029). Kemudian terdapat juga hubungan kualitas layan perawat dalam pemasangan infus terhadap lama rawat pasien di Rumah Sakit Pendidikan Utama Ibnu Sina UMI Makassar dengan Uji nilai bukti fisik (p=0,014), keandalan (p=0,044), daya tanggap (p=0,043), jaminan (p=0,036) dan empati (p=0,007). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan kualitas layanan perawat yang terdiri dari dimensi bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati dalam pemasangan infus terhadap kepuasan dan lama rawat pasien di Rumah Sakit Pendidikan Utama Ibnu Sina UMI Makassar. Oleh karena itu, perawat diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien sehingga dapat mempercepat proses kesembuhan dan memberkan kepuasan kepada pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Pemasangan Infus, Kepuasan, Lama Rawat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT > ILMU KEPERAWATAN
Depositing User: operator 8
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:05
Last Modified: 12 Feb 2024 02:05
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/5514

Actions (login required)

View Item View Item