FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN LAYANAN KESEHATAN PADA PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RS BENYAMIN GULUH KAB. KOLAKA TAHUN 2023

Ramadhana, Nur Annisa Al Waly (2024) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN LAYANAN KESEHATAN PADA PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RS BENYAMIN GULUH KAB. KOLAKA TAHUN 2023. Masters thesis, Univeristas Muslim Indonesia.

[img] Text
Pages from SKRIPSIIIII (1).pdf

Download (23kB)
[img] Text
lembar pengesahan-1-1.pdf

Download (445kB)
[img] Text
Daftar Isi-2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Abstrak-1.pdf

Download (214kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (222kB)
[img] Text
bab 5-6-1.pdf

Download (223kB)
[img] Text
daftar pustaka-2.pdf

Download (223kB)

Abstract

Rumah sakit Benyamin Guluh Kabupaten Kolaka juga senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan sesuai dengan harapan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat. Upaya ini akan sangat berarti dan efektif bilamana upaya peningkatan mutu menjadi tujuan sehari-hari dari setiap unsur termasuk pimpinan, pelaksana pelayanan dan staf penunjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuifaktor yang mempengaruhi pemberian layanan kesehatan pada pelayanan pasien rawat inap di RS benyamin Guluh Kab. Kolaka Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian adalah seluruh perawat yang ada di ruang rawat inap RS Benyamn Guluh Kab. Kolaka dan sampel penelitian yaitu sebanyak 122 perawat di ruang rawat inap RS Benyamin Guluh Kab. Kolaka dengan menggunakan teknik stratified random sampling dan simple random sampling. Analisis data menggunakan uji univariat, bivariat dengan menggunakan uji chi- square dengan α = 0.05, dan multivariat dengan menggunakan uji regresi logistik berganda untuk mendapat variabel yang paling berpengaruh diantara variabel lainnya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh memperoleh perlindungan hukum terhadap pelayanan pasien yaitu (sig = 0.046), ada pengaruh memperoleh informasi terhadap pelayanan pasien yaitu (sig = 0.008), ada pengaruh menerima imbalan jasa terhadap pelayanan pasien yaitu (sig = 0.006), ada pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dengan pelayanan pasien yaitu (sig = 0.021), ada pengaruh fasilitas kesehatan terhadap pelayanan pasien yaitu (sig = 0.043) dan variabel yang paling berpengaruh diantara variabel lainnya adalah variabel menerima imbalan jasa di ruang rawat inap RS Benyamin Guluh Kab. Kolaka. xxii Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin bagus perlindungan hukum yang didapatkan oleh tenaga kesehatan, maka pemberian layanan semakin tinggi atau meningkat. Dengan memperoleh informasi yang lengkap dan benar dari pasien, maka pasien mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan keluhan medisnya dan merasa nyaman dengan pelayanan tersebut. Dengan menerima imbalan jasa yang sesuai dengan kinerja perawat, semakin meningkatnya kinerja tenaga kesehatan terhadap pelayanan pasien. Adanya pengaruh kualitas pelayanan tenaga kesehatan memiliki dampak yang positif dan besar terhadap kepuasan pasien serta sesuai dengan harapan pasien. Dengan ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai, perawat dapat melakukan tindakan medis dengan baik serta pasien merasakan suasana aman dan nyaman dalam proses peawatan dan penyembuhan pasien. Diharapkan perawat memberikan pelayanan terbaik karena berdampak langsung kepada pasien

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Layanan Kesehatan; Pelayanan Pasien; Rawat Inap.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT > KESMAS
Depositing User: operator 8
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:51
Last Modified: 24 Sep 2024 01:51
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/6889

Actions (login required)

View Item View Item