HUBUNGAN KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT STRES PADA REMAJA DI SMP 8 NEGERI MAKASSAR

Permatasari, Ilma (2024) HUBUNGAN KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT STRES PADA REMAJA DI SMP 8 NEGERI MAKASSAR. Masters thesis, Univeristas Muslim Indonesia.

[img] Text
Sampul Skripsi Ilma Permatasari (1).pdf

Download (48kB)
[img] Text
pengesahan ilma permatasari skripsi.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR ISI ilma permatasari.pdf

Download (49kB)
[img] Text
ABSTRAK ilma permatasari 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I Ilma Permatasari.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB V ilma permatasari.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ilma permatasari.pdf

Download (114kB)

Abstract

Remaja dengan tingkat stres tinggi cenderung menggunakan game online untuk mengurangi tingkat stres sehingga menggunakan game online untuk menghilangkan stres tidak menyelesaikan masalah dan ada peluang untuk menyebabkan kebiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan bermain game online dan tingkat stress pada remaja di SMP Negeri 8 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah rancangan studi analitik dengan desain cross sectional study. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 52 responden berusia 12 - 15 tahun dengan mengunakan teknik probability sampling dengan menggunakan stratified sesuai rumus slovin. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner IAT (Internet Addiction Test) dan DASS 42 (Defression Anxiety Stress Scabe). Uji statistik yang digunakan adalah uji statistic chi-square. Hasil penelitian ini menunjukan karakteristik responden siswa bahwa yang paling banyak berusia 15 tahun 26 orang (50%), Karakteristik jenis kelamin paling banyak laki-laki 33 orang (63,5%) dan paling sedikit perempuan 19 orang (36,5%), Distribusi frekuensi kebiasaan bermain game online paling banyak 32 orang (38,4%) tidak memiliki kebiasaan bermain game online, Distribusi frekuensi responden berdasarkan stress bahwa yang mengalami tingkat stress ringan sebanyak 33 orang (63,4%), dan hasil analisis mengunakan uji statistic chi-square diperoleh nilai ρ value 0,309. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungannya antara kebiasaan bermain game online dengan tingkat stress pada remaja di SMP Negeri 8 Makassar. Saran bagi sekolah SMP Negeri 8 Makassar agar senantiasa menjaga frekuensi dan intensitas dalam bermain game online dan mengusahakan lebih memanfaatkan waktu luang melakukan hal-hal yang positif seperti olahraga dan mengahbiskan waktu bersama keluarga atau orang terdekat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: remaja, tingkat stress, game online
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT > KESMAS
Depositing User: operator 8
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:58
Last Modified: 29 Oct 2024 02:58
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/7104

Actions (login required)

View Item View Item