Manajemen Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan NilaiNilai Keislaman Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep

Amaluddin, Amaluddin (2023) Manajemen Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan NilaiNilai Keislaman Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep. Doctoral thesis, Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
sampul dalam.pdf

Download (297kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (278kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR (3).pdf

Download (247kB)
[img] Text
ABSTRAK-1.pdf

Download (9kB)
[img] Text
ABSTRAK-2.pdf

Download (14kB)
[img] Text
I PENDAHULUAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
V PENUTUP.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (5).pdf

Download (549kB)
[img] Text
Turnitin_Amaluddin.pdf

Download (1MB)

Abstract

AMALUDDIN. Manajemen Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan NilaiNilai Keislaman Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep (dibimbing oleh Abdul Rahman Mus, M. Hasibuddin Mahmud, dan Andi Bunyamin). Tujuan penelitian ini adalah untuk: [1] mengetahui struktur dan komposisi kurikulum di MTs Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep; [2] mengetahui manajemen pembelajaran integratif dalam mewujudkan nilai-nilai keislaman peserta didik di MTs Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep; dan [3] mengetahui peran guru pada manajemen pembelajaran integratif dalam mewujudkan nilai-nilai keislaman peserta didik di MTs Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiopaedagogis. Sumber data penelitian ini adalah guru bidang studi umum yang mengajar pada MTs Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep sebagai informan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan 3 cara: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan:[1] Struktur dan komposisi kurikulum di MTs Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep tersusun sedemikian rupa sehingga guru bidang studi umum dapat mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran; [2] Manajmen pembelajaran yang dilakukan oleh guru bidang studi umum dalam mewujudkan nilai-nilai keislaman peserta didik di MTs Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep adalah manajemen pembelajaran integratif; [3] Peran guru dalam mewujudkan nilai-nilai keislaman peserta didik di MTs Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep adalah: guru sebagai pendidik, pembimbing, pembangkit pandangan, pelatih, penasehat, model, emansivator, pribadi teladan, pendorong kreativitas, pemindah kemah, pembawa cerita, dan fasilitator . Implikasi penelitian ini adalah peserta didik pada MTs Negeri Pangkep telah mengimplemetasikan nila-nilai keislaman dalam pembelajaran bidang studi umum sehingga menjadi karakter. Karakter ini menjadikan madrasah sebagai akar moral dalam aktualisasi pada lingkungan madrasah dan lingkungan masyarakat pada umumnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: PASCASARJANA
Depositing User: operator 14
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:47
Last Modified: 06 Jun 2023 08:17
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item View Item