GAMBARAN TINGKAT STRES SISWA DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN FULLDAY SCHOOL DI SMA NEGERI 3 MAKASSAR

Jumini, Vivi (2024) GAMBARAN TINGKAT STRES SISWA DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN FULLDAY SCHOOL DI SMA NEGERI 3 MAKASSAR. Masters thesis, Universitas Muslim Indonesia.

[img] Text
judulSKRIPSI VIVI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
pengesahanSKRIPSI VIVI-1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
daftarisiSKRIPSI VIVI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
bab1SKRIPSI VIVI-3.pdf

Download (161kB)
[img] Text
abstrakSKRIPSI VIVI-2.pdf

Download (211kB)
[img] Text
bab5SKRIPSI VIVI-4.pdf

Download (211kB)
[img] Text
dapusSKRIPSI VIVI-5.pdf

Download (221kB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses penting untuk meningkatkan potensi pada anak. Persoalan yang dihadapi selama ini dalam dunia pendidikan adalah tenaga pendidik berupaya mewujudkan metode pengajaran yang efisien dengan durasi yang terbatas dan berharap siswa mampu mencapai hasil pembelajaran yang sepadan. Salah satu inovasi yang diterapkan dalam mewujudkan durasi yang maksimal adalah menerapkan sistem fullday school di sekolah. Namun sistem ini memerlukan persiapan fisik dan mental. Karena jika tidak dipersiapkan, siswa tentu menjadi jenuh bahkan mengalami stres. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran tingkat stres siswa dengan sistem pembelajaran fullday school di SMA Negeri 3 Makassar. Desain penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan besar sampel sebanyak 79 siswa sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian didapatkan bahwa gambaran tingkat stres siswa dengan sistem pembelajaran fullday school di SMA Negeri 3 Makassar dalam kategori tingkat stres sedang sebanyak 22 siswa (27,8%) dan pernyataan yang paling banyak direspon oleh siswa yaitu pada pernyataan “Saya merasa sulit untuk bersantai karena tugas yang menumpuk yang diberikan oleh guru” dengan jawaban “sering sekali” sebanyak 37 siswa (46,8%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah gambaran tingkat stres siswa dengan sistem pembelajaran fullday school di SMA Negeri 3 Makassar dalam kategori stres sedang. Diharapkan siswa lebih terbuka kepada orang tua\guru terhadap keluh kesah yang dirasakan selama menjalani proses belajar disekolah, guru diharapakan menerapkan metode yang kreatif dan sesekali diselingi dengan ice breaking. Serta sekolah diharapkan memperhatikan keefektifan pelaksanaan sistem fullday school dan kondisi siswa baik fisik maupun psikis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fullday, School, Stres, Siswa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT > ILMU KEPERAWATAN
Depositing User: operator 8
Date Deposited: 08 May 2024 01:52
Last Modified: 08 May 2024 01:52
URI: http://repository.umi.ac.id/id/eprint/6356

Actions (login required)

View Item View Item